Kolaka

Topang Ekonomi Keluarga, Warga Kolaka Diminta Manfaatkan Lahan Pekarangan


KENDARINEWS.COM — Pandemi Covid-19 yang melanda sejumlah daerah membuat pergerakan warga menjadi terbatas. Dengan kondisi tersebut, maka banyak keluarga yang perekonomiannya menjadi terganggu karena wabah virus tersebut. Namun, meskipun pergerakan terbatas karena pandemi Covid-19, hal itu tak boleh menjadi alasan bagi warga untuk berdiam diri. Sebab, banyak cara positif yang dapat dilakukan untuk tetap menopang perekonomian keluarga.

Ketua TP PKK Kolaka, Hj. Herty Safei memotong tumpeng dalam rangkaian perayaan HKG ke-48 PKK tingkat kabupaten yang digelar di aula sangggar PKK, kemarin.

“Salah satu cara yang dilakukan yaitu dengan menanam sayur-sayuran untuk kebutuhan hari-hari di pekarangan rumah. Manfaatkanlah lahan pekarangan itu untuk bercocok tanam,” seru Ketua Umum Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Kolaka, Hj. Herty Safei saat membawakan sambutan pada peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-48 Tingkat Kabupaten Kolaka, Jumat (6/11).

Istri Bupati Kolaka H. Ahmad Safei tersebut mengatakan, dengan menanam tanaman sayur-sayuran di pekarangan, maka dapat membantu kebutuhan keluarga sehari-hari. Di samping itu, juga dapat menopang keluarga dalam menekan pengeluaran. “Kalau tanaman sayur-sayuran ada di pekarangan maka tidak perlu lagi ke pasar untuk beli sayur kebutuhan sehari-hari. Petik saja yang ada di pekarangan dan itu lebih terjamin kesehatannya. Saya juga sudah mempraktikkan, setiap hari mulai dari pagi saya mengurus tanaman. Jadi saya minta kepada warga khususnya kader PKK untuk memanfaatkan lahan pekarangan tersebut,” pinta Hj. Herty Safei.

Perayaan HKG PKK yang digelar sesuai protokol kesehatan Covid-19 tersebut juga dihadiri Wakil Ketua PKK I Kolaka, Hj. Ende Jayadin serta para camat dan sejumlah kader PKK dari kecamatan dan beberapa desa/kelurahan. Asisten III Setkab Kolaka, Wardi yang mewakili bupati memberikan apresiasi kepada PKK yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Semoga kegiatan ini memberikan ilmu bagi kita semua. Harapan kami, PKK dapat semakin profesional, efektif, realistis dan responsif. Sehingga dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan Kabupaten Kolaka yang semakin maju, berkeadilan, dan sejahtera,” tutur Wardi. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top