Kolaka Utara

TMP Kolut Segera Direnovasi, Santunan Veteran Dituntaskan

KENDARINEWS.COM — Taman Makam Pahlawan (TMP) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang terletak di Desa Puncak Monapa Kecamatan Lasusua akan direnovasi pemerintah. Bupati Kolut, Nur Rahman Umar telah meninjau batas-batas kompleks pemakaman usai menghadiri upacara penghormatan bagi arwah pejuang pada Hari Pahlawan 10 November lalu.

Kepala Dinas Sosial Kolut, Sainal Ahmad, membenarkan agenda renovasi kompleks TMP tersebut yang akan direalisasikan secepatnya. “Bupati telah meninjau peta lokasi dan rencana pengembangan perencanaannya,” jelas Sainal Ahmad, Rabu (11/11). Ia mengaku belum mengetahui pasti luas areal kompleks TMP secara utuh. Perombakan kompleks makam tersebut akan dimulai dari penataan gerbang masuk, pembuatan tugu, area parkir hingga pemasangan paving block. “Sertifikat tanahnya ada,” sambungnya.

Di TMP Kolut, ada empat makam yang ada di sana bercat putih. Nama pejuang tersebut adalah Abd. Rachman, Raufe, Tammu dan Halide. Masih dari rangkaian peringatan hari pahlawan, kata Sainal, Pemkab juga telah menyalurkan kembali dana santunan bagi 14 veteran yang ada di Kolut. Yang sempat diserahkan langsung Bupati, Nur Rahman Umar pasca upacara peringatan Hari Pahlawan, hanya satu orang karena lainnya tidak bisa hadir.

Besaran bantuan tahap kedua itu senilai Rp 5 juta. Sementara Rp 10 juta lainnya telah diberikan langsung pada HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020 lalu. “Dalam setahun veteran terima Rp 15 juta yang dibayar dua kali. Jika tidak datang akan diantarkan atau diwakili keluarganya,” pungkas Sainal Ahmad. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top