Metro Kendari

TKD ASN Naik 30 Persen

KENDARINEWS.COM — Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkot Kendari kini bisa tersenyum semringah. Kenaikan tunjangan kinerja daerah (TKD) atau Tukin yang selama ini dinanti-nanti akhirnya terealisasi. Tahun 2021, tukin para abdi negara itu dinaikkan hingga 30 persen. Kenaikan ini demi meningkatkan kesejahteraan sekaligus memotivasi ASN bisa bekerja lebih maksimal.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan kenaikan tukin ini semata-mata untuk memotivasi dan meningkatkan kinerja ASN lingkup Pemkot Kendari. Dia pun berharap peningkatan kesejahteraan yang diterima pengawainya harus berbanding lurus dengan peningkatan kinerja dan kualitas hasil kerja yang dihasilkan. “Saya naikkan tunjangannya karena kinerjanya jelas, utamanya Pak Camat dan Pak Lurah,” kata Sulkarnain.

Sebenarnya, kenaikan tunjangan akan direalisasikan pada 2020 lalu. Namun karena pandemi covid-19 yang mengakibatkan recofusing APBD, kenaikannya tertunda dan dialihkan tahun ini. “Mudah-mudahan kebijakan ini bisa mendorong ASN kita bekerja lebih maksimal dan melaksanakan seluruh pekerjaan dan tanggung jawabnya dengan sungguh-sungguh. Selain itu, memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat serta yang terpenting bisa terhindar dari perilaku suap, pungli dan gratifikasi (SPG),” katanya.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kendari, anggaran yang disiapkan Pemkot dalam peningkatan TKD tahun ini tercatat sekira Rp 8 miliar. Untuk tingkat pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sebelumnya menerima TKD sebesar Rp 5,2 juta naik menjadi Rp 6,8 juta.

Untuk camat dan lurah yang sebelumnya menerima TKD sekira Rp 3 jutaan naik menjadi Rp 4 juta. Sementara TKD untuk ASN Pemkot lainnya mulai dari staf hingga jabatan Kepala Bidang (Kabid) dan jabatan setara lainnya naik dengan angka bervariasi, mulai Rp 100 ribu – Rp 2 juta atau tergantung hasil kinerjanya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top