Konawe

Titin Nurbaya : PKK Berperan Bantu Kerja Pemerintah

KENDARINEWS.COM — MKeberadaan kaum perempuan dalam wadah organisasi gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), memiliki peran strategis meningkatkan partisipasi masyarakat. Lembaga itu punya fungsi membantu tugas-tugas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh, khususnya bagi kaum perempuan dan anak-anak. Wujud peran strategis PKK itu, tercermin dari 10 program PKK yang sinergi dan selaras dengan program-program yang dilakukan pemerintah. Diantaranya, upaya penanggulangan kemiskinan, kelaparan, upaya memberikan pelayanan dasar, serta upaya meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

Penegasan itu disampaikan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Konawe, Titin Nurbaya Saranani. Ia meminta, dengan keselarasan program bersama pemerintah, pengurus PKK senantiasa menjalankan fungsinya dengan baik. “Saya berpesan kepada seluruh pengurus PKK, khususnya di tingkat kecamatan, agar berperan aktif dalam menyukseskan pergerakan pembangunan daerah. Kita harus bisa memahami tuntutan dan aspirasi yang berkembang di masyarakat agar solusi strategis dapat diambil,” tegas istri Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa itu.

Titin Nurbaya menguraikan, dalam kaitan upaya penanggulangan kemiskinan yang dilakukan pemerintah, organisasi PKK telah memiliki peran yang terpresentasi pada program pokok PKK yang ke delapan. Yakni, melalui pengembangan kehidupan berkoperasi sebagai upaya pemberdayaan keluarga. Dalam upaya penanggulangan kelaparan, program pokok ke-3 PKK telah turut membantu dalam menanggulangi persoalan pangan. Jurus jitunya, menggalakkan penyuluhan untuk pemanfaatan lahan pekarangan dengan menanam tanaman produktif.

“Intinya, 10 program pokok PKK sangat selaras dengan kerja pemerintah. Kita juga punya program untuk memberikan pelayanan dasar, pendidikan, kesehatan dan lainnya. Tinggal sinerginya saja yang harus kita bangun dan kokohkan,” ujar Titin Nurbaya Saranani. Meski demikian, anggota Komisi IV DPRD Sultra itu menyadari bahwa semua organisasi tanpa terkecuali tim penggerak PKK, seringkali dihadapkan pada berbagai masalah yang kerap menguji solidaritas antar sesama anggota. Maka dari itu, Titin mengingatkan pengurus PKK Konawe agar memelihara kekompakan dan semangat kebersamaan dalam menjalankan tugas. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top