Metro Kendari

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dewan Pendidikan dan Dikmudora Kendari Terus Bersinergi

KENDARINEWS.COM — Momentum Hari Guru Nasional dan Persatuan Guru Republik Indonesia tahun 2020 menjadi semakin memperkokoh sinergisitas seluruh stakeholder dalam memajukan pendidikan. Hal tersebut dapat dilihat dari peran aktif Dewan Pendidikan Kota Kendari mengambil bagian dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan. Tak hanya membangun komunikasi dengan para guru, namun Dewan Pendidikan juga menjadi fasilitator bagi siswa, guru, dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari.

Kadis Dikmudora Kota Kendari Makmur (kanan) bersama Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Kendari Milwan pada Koneferensi PGRI Kota Kendari di Hotel Athayya, Sabtu (28/11). Pandi/Kendari Pos


Sekretaris Dewan Pendidikan Kota Kendari Milwan, M.Pd., engungkapkan, peningkatan mutu pendidikan di Kota Kendari menjadi tanggung jawab seluruh elemen baik Dikmudora, satuan pendidikan, dewan pendidikan, orang tua dan seluruh masyarakat. Dewan pendidikan memiliki peran penting dalam mewujudkan masyarakat Kota Kendari yang cerdas.

Tentunya, peran dewan pendidikan yakni memberikan pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan pendidikan (Advisory). Pendukung baik yang berwujud finansial, pemikiran maupun tenaga dalam penyelenggaraan pendidikan (Supporting). Pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan (Controlling).

Mediator antara pemerintah (eksekutif) dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (legislatif) dengan masyarakat (Mediator).
“Dalam menjalankan peran tersebut, tentu dibutuhkan sinergisitas dan kebersamaan yang kokoh antara Dewan Pendidikan dengan Dikmudora. Dalam implementasi tujuan kehadiran dewan pendidikan, beragam kegiatan telah dilaksanakan bersama guru-guru di Kota Kendari kerja sama Dikmudora,” ungkap Milwan.


Kepala SMPN 9 Kendari itu menambahkan, momentum Hari Guru Nasional ke 75 ini, Dewan Pendidikan terus memaksimalkan fungsinya dalam mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat melahirkan kebijakan dan program pendidikan. “Perwujudan kerja nyata dewan pendidikan tersebut tidak akan terealisasi tanpa sinergi yang kuat dengan Dikmudora. Semoga pada Hari Guru dan PGRI ini, kebersamaan Dewan Pendidikan Kota Kendari dan Dikmudora Kota Kendari terus terjalin dengan erat,” jelasnya.

Kadis Dikmudora Kota Kendari Makmur, M.Pd., mengungkapkan, pihaknya terus memaksimalkan upaya peningkatan kualitas pendidikan dengan menyelaraskan visi dan misi Kota Kendari “Mewujudkan Kota Kendari Layak Huni yang Berbasis Ekologi, Informasi dan Teknologi”.

“Alhamdulillah, pada musim pandemi ini, guru mampu mengoperasikan aplikasi baik during maupun luring. Pandemi covid 19 memberikan pengalaman berharga. Menjadi sarana akselesari penguasaan teknologi dan informasi baik pendidik, tenaga kependidikan dan siswa. Menguatkan kerjasama guru dan orang tua. Meski demikian, kami memastikan peran guru tidak bisa digantikan teknologi secanggih apapun,” ungkap Makmur saat Konferensi PGRI Kota Kendari 2020 di Hotel Athayya, Sabtu (28/11). (m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top