Kolom

Tingkatkan Hablum Minallah, Hablum Minannas

Hikmah Ramadan Oleh Fesal Musaad, S.Pd.,M.Pd.
Kepala Kanwil Kemenag Sultra

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Ramadan merupakan momentum untuk mendulang pahala. Allah SWT menjanjikan akan melipatkangandakan amal perbuatan umat muslim yang berbuat kebaikan. Atas dasar itu, insan muslim berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Termasuk menjaga keseimbangan hablum minallah (hubungan baik dengan Allah SWT) dan hablum minannas (hubungan baik dengan sesama manusia).

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Fesal Musaad, S.Pd.,M.Pd, mengajak masyarakat muslim Sultra mengisi bulan puasa dengan memperkuat hablum minallah dan hablum minannas.

Menurut Fesal, menjaga hubungan baik dengan Allah SWT (hablum minallah) sangat penting dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketakwaan seseorang. Apalagi dibulan ramadan ini jika kedua perkara (keimanan dan ketakwaan) dilaksanakan, maka manusia akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Fesal Musaad, S.Pd.,M.Pd.
Kepala Kanwil Kemenag Sultra

Beriman, kata Fesal, berarti manusia melaksanakan seluruh perintah Allah SWT seperti melaksanakan ibadah seperti mendirikan salat, menunaikan zakat, dan berpuasa di bulan Ramadan. Sementara bertakwa, berarti manusia selain melaksanakan apa yang diajarkan agama (kewajiban beribadah) sekaligus menghindari segala larangan Allah SWT.

“Setiap manusia untuk senantiasa tidak melanggar apa yang menjadi ketentuan Allah SWT. Karena kalau dilanggar tentu akan melahirkan dosa, tidak melahirkan keberkahan, justru sebaliknya melahirkan malapetaka,” kata Fesal Musaad kepada kendarinews.com, Senin (03/05/2021).

Selain menjaga hubungan baik dengan Allah SWT, insan muslimin juga disarankan untuk senantiasa menjaga hubungan baik antara sesama manusia (hablum minnanas). Menurut Fesal, perbuatan itu sangat penting demi mewujudkan kehidupan umat manusia yang harmonis, baik dalam lingkungan keluarga, tetangga, lingkungan kerja, hingga sesama umat muslim dalam arti luas (global).

“Kunci menjaga hubungan yang baik dengan sesama manusia adalah akhlak. Maka hendaknya kita senantiasa berakhlak baik agar bisa merawat hubungan (silaturahmi) antara sesama umat manusia tanpa terkecuali. Dengan berkhlakul karimah, Insyah Allah hidup kita akan selalu berkah, dan selalu dikasihi baik oleh sesama manusia terlebih kita dikasihi oleh Allah SWT,” ,” kata Fesal.

Pada sisi lain, mantan Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku itu menuturkan, hendaknya setiap muslim memanfaatkan kesempatan pada momentum ramadan ini untuk menunaikan berbagai macam ibadah yang disyariatkan seperti memperbanyak membaca Alquran, salat tarawih, salat malam, berdzikir dan istigfar.

Selain meningkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT, Kakanwil juga mengingatkan pentingnya beramaliah sosial serta meningkatkan ukhuwah baik ukhuwah Islamiyah, ukhuwah insaniyah, ukhuwah wathaniyah maupun ukhuwah alamiyah, “Mari di bulan suci ini kita perkuat iman dan takwa kita dan mengejar predikat la’allakum tattaqun,” pungkasnya. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top