Olahraga

Timnas Libas Makedonia Utara 4-1, Shin Tae Yong Belum Puas

KENDARINEWS.COM — Timnas Indonesia U-19 terus menunjukkan perkembangan selama menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Terbaru, dari laga uji coba kontra Makedonia Utara, Garuda Nusantara menang telak 4-1. Bertanding di Stadion NK Junak, Split, Kroasia, Minggu (11/10/2020) malam WIB. Indonesia U-19 tampil trengginas. Pada pertandingan ini, manajer pelatih Timnas U-19, Shin Tae Yong memainkan tiga striker sekaligus. Saddam Emiruddin, Braif Fatari dan Irfan Jauhari. Namun nama terakhir bermain agak melebar di posisi sayap kiri.

Sementara pos sayap kanan ditempati Witan Sulaeman. Mohammad Kanu dipercaya mendampingi sang kapten, David Maulana di lini tengah.
Bagas Kaffa, Rizky Ridho, Elkan Baggot dan Pratama Arhan mengisi kuartet lini belakang. Sementara Adisatryo di pos penjaga gawang.
Permainan Indonesia U-19 pada laga lawan Makedonia Utara ini lebih terorganisir. Transisi bertahan ke menyerang yang selama ini jadi perhatian Shin, juga terlihat membaik. Garuda Nusantara membuka keunggulan pada menit 13. Umpan terobosan Braif Fatari diselesaikan dengan sempurna Witan Sulaeman. Skor 1-0 untuk Indonesia. Keunggulan ini bertahan hingga babak pertama berakhir. Di awal babak kedua, Makedoni Utara berhasil menyamakan skor lewat penalti Dimitar. Indonesia 1, makedonia Utara 1.

Pemain pengganti Jack Alan Brown membawa Indonesia kembali unggul pada menit 58. Dari sepak pojok Witan, terjadi kemelut di kotak penalti Makedonia Utara. Jack berada di posisi yang tepat untuk menceploskan si kulit bundar. 2-1 Indonesia kembali memimpin. Sebelas menit berselang Jack Brown memperlebar keunggulan Indonesia. Kali ini lewat sepakan kerasnya di dalam kotak penalti lawan. Pesta gol Indonesia akhirnya ditutup oleh aksi Irfan Jauhari pada menit 83. Bola muntah hasil tendangan dari Beckham Putra sukses dimanfaatkan Irfan Jauhari. Skor menjadi 4-1 untuk Indonesia atas Makedonia Utara dan jadi hasil akhir laga ini. Meski menang, pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu menilai, masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi dari timnya. “Saya mencari pemain dengan postur tinggi dan bisa unggul dalam penguasaan bola,” kata Tae-yong dalam wawancara dengan Youtube PSSI TV.

Menurut Tae-yong, postur tubuh seseorang pemain itu tidak bisa diubah dan sudah menjadi kodrat dari setiap individu. Namun, pelatih berusia 51 tahun itu melihat para pemainnya sudah menunjukkan kemajuan pesat dengan bisa bermain bola lebih cepat. Untuk diketahui, Timnas telah melakoni tiga laga uji coba terakhir, Indonesia U-19 selalu meraih kemenangan. Irfan Jauhari dkk sebelumnya kalah dari Bulgaria (0-3) dan Kroasia (1-7), lalu imbang lawan Arab Saudi (3-3) di turnamen persahabatan. Setelah itu dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0) dan NK Dugopolje (3-0). Terbaru menaklukkan Tim Eropa Timur, Makedonia Utara dengan skor mencolok 4-1. (IS/KN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top