Edukasi

Tim PKM UHO Dorong Peningkatan Kompetensi Guru Madrasah

Muhammad Ilwanto/Kendari Pos

-Helat Workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital di MTsN 1 Kendari

KENDARINEWS.COM — Tak hanya mengajar, salah satu bentuk kontribusi dosen dalam menjawab berbagai persoalan bangsa adalah penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Tanggung jawab yang menjadi bagian dari elemen tridharma perguruan tinggi ini, diimplementasikan
Tim PKM Universitas Halu Oleo (UHO) yang dipimpin Muhammad Alim Marhadi, S.Pd., M.Pd., melalui workshop
pemanfaatan media pembelajaran digital di MTsN 1 Kendari.

Saat ditemui, Ketua Tim PKM UHO, Muh. Alim Marhadi, M.Pd., mengungkapkan kegiatan ini berdasarkan pada proses pembelajaran yang dinilai masih kurang efektif saat ini. Dengan berbagai aplikasi pembelajaran yang sangat banyak, membuat para tenaga pengajar, kesulitan dalam memilih penggunaan aplikasi. Kondisi ini tentu saja berdampak pada proses belajar yang selama pandemi Covid 19 dilaksanakan secara virtual.

Suasana workshop Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital di MTsN 1 Kendari, kemarin (12/9). Kegiatan ini dilaksanakan oleh Tim PKM UHO.

“Kami berharap para guru dimanapun berada, khususnya guru di MTsN 1 Kendari ini bisa memberikan pembelajaran yang efektif kepada siswa, meskipun dengan sistem online. Makanya kegiatan workshop ini, bermaksud memberikan sebuah literasi kepada tenaga pengajar mengenai penggunaan aplikasi Augmented Reality, yang sangat simpel dan mudah digunakan dalam pembelajaran,” ungkap Alim Marhadi, Minggu (12/9).

Keunggulan dari aplikasi Augmented Reality, bisa menggabungkan antara kondisi dunia maya dan dunia nyata. Artinya apa yang ditampilkan di dalam aplikasi tersebut, akan sangat mudah dipahami para pengguna.

“Intinya adalah bagaimana para guru bisa memaksimalkan sebaik mungkin, dalam penyajian materi di dalam aplikasi, sehingga siswa bisa memahami materi yang diberikan atau disajikan. Karena saat ininyang dituntut adalah bagaimana proses belajar secara online dikemas sesimpel dan seminimalis mungkin, agar siswa mudah mengerti. Harapan kami melalui workshop ini, para guru bisa lebih memahami pemanfaatan teknologi dan informasi, untuk menyukseskan proses belajar. Selama ini, pengetahuan akan teknologi dan berbagai aplikasi, belum optimal dikuasai guru,” jelas Kepala Perpustakaan UHO ini.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Kendari, H. Zainal Mustamin, MA, mengaku sangat mengapresiasi workshop yang dilakukan oleh Tim PKM UHO yang dipimpin Alim Marhadi tersebut. Apa yang dilakukan mereka akan sangat membantu para guru untuk meningkatkan kompetensi dalam memberikan pembelajaran terbaik pada siswanya.

“Kegiatan ini sangat memberikan dampak positif bagi guru-guru.  Terlebih workshop dilangsungkan di tengah pandemi Covid 19 yang menuntut pembelajaran digital. Kegiatan ini memberikan pengetahuan mengenai sistem aplikasi yang baik untuk digunakan, dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Metode itulah yang digunakan kurang lebih satu setengah tahun, akibat pandemi Covid-19. Tentunya ini merupakan sebuah langkah yang baik bagi satuan pendidikan madrasah, karena akan sangat membantu dalam menyukseskan proses belajar online di sekolah,” paparnya.

Lanjut dia, pastinya workshop yang sarat dengan pengetahuan baru ini, tentu saja diharapkan akan terus berkelanjutan. Pihak UHO atau lembaga pendidika lain, bisa terus mengadakan pelatihan dan peningkatan kualitas guru seperti ini. Untuk membantu mewujudkan Madrasah yang unggul dan maju.

“Kita akan selalu support penuh kegiatan positif ini. Bahkan, kedepan kita berharap bisa menjalin kerja sama yang lebih dengan pihak UHO, dalam meningkatkan kompetensi guru,” beber Mantan Wakil Ketua PKC PMII Sultra ini. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top