Sulawesi Tenggara

Tiga Santri PTQ Al-Hudzaifiyyah Kolaka Sabet Juara Nasional

Tiga santri PTQ Al-Hudzaifiyyah Kolaka yang sukses mengharumkan nama Sultra di kancah nasional.

KENDARINEWS.COM — Pondok Tahfidz Quran (PTQ) Al-Hudzaifiyyah Kolaka kembali membuktikan diri sebagai pondok tahfidz terbaik di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mampu melahirkan santri berkualitas dan berprestasi. Pasalnya, tiga santri PTQ tersebut dinobatkan sebagai juara pada ajang Musabaqah Hafalan Alquran dan Hadits (MHQH) Amir Sultan bin Abdul Aziz Alu Su’ud Tingkat Nasional ke-13 pada Kamis (25/3).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi yang bekerjasama dengan Kementrian Agama Republik Indonesia tersebut dilaksanakan di Jakarta selama empat hari yaitu pada 22-25 Maret 2021.

Pembina PTQ Al-Hudzaifiyyah Kolaka, Baharuddin mengungkapkan, ketiga santrinya yang berprestasi itu adalah Nurul Iffah Khumaerah, Ahmad Faiz Fikri, dan Risthy Nabila. “Nurul Iffah Khumaerah juara I pada kategori hafalan 10 juz putri dan Ahmad Faiz Fikri juara II untuk kategori hafalan 15 juz putra. Sedangkan Risthy Nabila harapan I pada kategori hafalan 20 juz putri. Atas prestasi tersebut, ketiga santri itu diberi hadiah uang tunai hingga puluhan juta rupiah,” ungkapnya.

Pria yang karib disapa Ustadz Bahar itu mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh ketiga santrinya tersebut di tingkat nasional. Sebab, kata dia persaingan pada ajang tersebut sangat ketat.

“Total pesertanya lebih 200 orang dan berasal dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Alhamdulillah, dari enam santri kami yang lolos seleksi, tiga diantaranya bisa juara dan mengharumkan nama Sultra,” tuturnya.

Ustadz Bahar berharap, dengan prestasi yang diraih oleh ketiga santrinya tersebut dapat memotivasi santri lain untuk terus mengembangkan kemampuannya menguasai Al-Qur’an dan hadis. “Setiap tahun ada santri kami yang juara di ajang ini. Semoga ini bisa memotivasi yang lain sehingga generasi qurani terus bertambah di Sultra, khususnya di Kabupaten Kolaka,” harapnya. (fad/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top