Wakatobi

Tiga Pasar Belum Dihibahkan


KENDARINEWS.COM — Aset Pasar Sentral II di atas lahan eks Pasar Sentral yang terbakar pada tahun 2018 lalu belum juga diserahkan oleh Pemerintah Pusat. Tak hanya itu, dua pasar lainnya pun bernasib serupa. Pasar Wakatobi yang bersebelahan dengan Pasar Sentral dan Mandati yang lokasinya tak jauh, masih belum dihibahkan.

Jika Pasar Sentral II dan Pasar Kabupaten telah difungsikan oleh puluhan pedagang pada tahun 2020 lalu, tidak demikian dengan Pasar Mandati. Sampai kini belum juga difungsikan. Pasar ini nantinya untuk para penjual pakaian loak. Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Wakatobi, Jamaludin, menuturkan, pada tahun 2020 lalu, sudah ada agenda penyerahan Pasar Sentral II dan Pasar Kabupaten ke daerah. Namun karena dampak Covid-19, akhirnya urung direalisasikan.

“Kalau Pasar Mandati ini pembangunannya dilakukan 2020 lalu dan selesai tahun itu juga. Kita harapkan mudah-mudahan tahun ini sudah dihibahkan oleh pusat. Agar statusnya jelas dan kita bisa melakukan penarikan retribusi. Begitu juga dengan Pasar Sentral II dan Kabupaten,” terangnya. Dengan status ketiga pasar masih milik Pemerintah Pusat, maka pihaknya tak bisa berbuat banyak terkait retribusi. Mengingat tidak akan terjadi penarikan retribusi jika status pasar belum milik daerah.

“Jadi kalau sudah ada penyerahan aset atau sudah dihibahkan maka itu sudah milik daerah. Statusnya jelas dan kita bisa tarik retribusi. Tapi, seperti yang kita tahu hal itu belum kita lakukan karena statusnya belum menjadi milik Pemkab Wakatobi,” pungkas Jamaludin. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top