Metro Kendari

Tiga Karyawan Batal di-PHK

KENDARINEWS.COM — Tiga pekerja kini bisa bernapas lega. Perusahaan tempat mereka bekerja yakni PT Kelola Mina Laut (KML) menarik kembali surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Keputusan itu diambil saat rapat dengar pendapat (RDP) DPRD Kota Kendari yang turut dihadiri Dinas Tenaga Kerja, Bagian Hukum Setda Kota Kendari, Rabu (30/12).

Ketua Komisi I DPRD Kendari, Riski Brilian Pagala mengatakan masukan DPRD telah mendapat persetujuan perusahaan. “Meski dalam RDP ditemukan fakta, PT KML selaku perusahaan perikanan telah melalui persidangan dan keputusan pengadilan memenangkan Pihak KML, namun kami Komisi I meminta agar karyawan yang di PHK dipekerjakan kembali, ” ujar Riski.

Riski Brilian Pagala

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, alasan pihaknya meminta pihak perusahaan mempekerjakan kembali karyawan yang di PHK, karena pihak KML tidak memberikan perjanjian kerja kepada karyawannya sesuai aturan yang berlaku.

“Kami persilahkan kepada pekerja yang merasa dirugikan jika ingin melakukan kasasi apabila dalam RDP kemarin tidak mendapat keadilan. Namun kami sudah komunikasi dengan perusahaan bahawa akan menerima kembali 3 pekerja yang di PHK secara sepihak,” bebernya.

“Jika dalam perjalananya, pihak perusahaan tidak memenuhi janjinya untuk mempekerjakan 3 pekerja yang dimaksud, maka kami akan menerima kembali untuk dilakukan RDP ulang, ” tambah Rizki.

Sementara itu, PT KML saat dihubungi Kendari Pos sama sekali tak merespon. Sekedar informasi, RDP yang di gelar adalah tindak lanjut dari surat aduan perempuan pesisir Sultra perihal Pemutusan Kerja (PHK) secara sepihak oleh perusahaan perikanan di samudra kelurahan Lapulu Kecamatan Abeli beberapa Waktu lalu. (c/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top