HEADLINE NEWS

THR Pegawai Pemprov Dibayar 7 Hari Sebelum Lebaran

KENDARINEWS.COM — Pemerintah pusat akhirnya memastikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) atau gaji 14 tahun ini. Yang menarik lagi, penyaluran THR kali ini tanpa pemotongan alias penuh. Menindaklanjuti hal itu, Pemprov Sultra telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 50 miliar. Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Sultra), Hj. Isma mengatakan gaji 14 telah dialokasikan di APBD sebesar Rp 50 miliar. Namun untuk pembayarannya, tetap harus menunggu petunjuk teknis (juknis) dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Jika merujuk kebiasaan tahun-tahun sebelumnya, Juknisnya baru diterbitkan 10 hari sebelum lebaran. Seperti sinyal yang disampaikan pusat, kemungkinan tujuh hari sebelum hari H sudah dibayarkan,” jelas mantan Kepala Biro Keuangan Setprov Sultra ini. Besaran THR kata dia, meliputi gaji pokok, tunjangan jabatan, tunjangan anak dan tunjangan lainnya terkecuali tunjangan kinerja (Tukin). Di Pemprov Sultra, belum diberlakukan tukin. Yang ada di Pemprov hanya Tunjangan Penambah Penghasilan (TPP). Saat ini, tukin hanya berlaku di beberapa kementerian. Salah satunya Kemenkeu. “Jadi, ASN akan menerima THR sebesar gaji yang diterimanya setiap bulannya,” ujar Hj Isma.

Tidak hanya THR lanjutnya, pemerintah telah menyiapkan anggaran gaji 13. Nilainya hampir sama dengan THR. Besarannya masih sekitaran Rp 50 miliar. Sesuai sinyal dari pusat, penyalurannya akan dilaksanakan Mei mendatang. Hanya saja, semua tetap menunggu juknis. “Kalau gaji 13 dan THR bedanya hanya di tunjangan beras. Kalau THR, semuanya dapat tapi gaji 13 tak mendapat tunjangan beras. Jadi total anggaran THR dan gaji 13 sekitar Rp 100 miliar. Tahun ini, pembayaran THR tak lagi ada pengecualian namun diberikan kepada seluruh ASN,” jelas mantan Pj Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra ini. (b/rah/mal)

THR dan Gaji 13 Tahun 2021

  1. Gaji Pokok
  2. Tunjangan Jabatan atau Umum
  3. Tunjangan Kinerja (Tukin)
    -Merujuk Pada TPP
  4. Tunjangan Anak
    -Besarannya 2 Persen dari Gaji Pokok
  5. Tunjangan Suami/Istri
    -Besarannya 5 Persen dari Gaji Pokok
  6. Tunjangan Makan (Hanya THR/Gaji 13 Tak ada)
    -Golongan I dan II Rp 35 Ribu Perhari
    -Golongan III Rp 37 Ribu Perhari
    -Golongan IV Rp 41 Ribu Perhari
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top