Kolaka

Tetap Patuhi Prokes, Tempat Tidur Pasien Hampir Penuh

H. Ahmad Safei

KENDARINEWS.COM–Kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kolaka terus mengalami peningkatan setiap hari. Kian banyaknya warga yang terpapar virus tersebut dan dirawat, menyebabkan tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) untuk pasien corona di Rumah Sakit Benyamin Guluh (RSBG) Kolaka, hampir penuh.

“BOR di RSBG sudah mencapai 96 persen. Dari 25 tempat tidur yang disediakan, hanya satu yang belum terisi,” ungkap Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei, ketika memberikan sambutan dalam acara peresmian pembangunan Kantor Urusan Agama di Kecamatan Wundulako, Selasa (27/7).

Safei berharap tidak ada lagi tambahan pasien corona. Namun, jika nantinya terjadi penambahan, pasien baru tersebut harus tetap dapat tertangani dengan baik. Untuk itu, pihaknya akan menambah tempat tidur untuk pasien yang membutuhkan penanganan medis. “Kami akan tambah lagi 10 tempat tidur untuk pasien Covid-19. Rencananya nanti kami akan simpan pada salah satu aula yang ada SIKIM, di Kelurahan Tahoa,” ujarnya.

Bupati Kolaka dua periode tersebut mengatakan, akibat semakin banyaknya warga Bumi Mekongga yang terpapar virus corona, maka status tingkat penyebaran Covid-19 pada sejumlah kecamatan yang ada di wilayah otoritanya juga meningkat. “Dari 12 kecamatan, hanya Iwoimendaa saja yang masih dikategorikan zona hijau. Selain itu, zona orange dan kuning,” bebernya.

Menurut Safei, tak ada cara lain untuk memutus mata rantai penularan Covid-19 selain penerapan protokol kesehatan (Prokes) ketat. Untuk itu, dirinya mengingatkan seluruh pihak untuk tetap disiplin. “Selalu jaga jarak, pakai masker, dan rajin cuci tangan. Virus corona ini benar-benar ada dan sudah banyak korbannya. Di Kabupaten Kolaka saja ini sudah 25 orang yang meninggal setelah terpapar. Jadi mari kita sama-sama disiplin menerapkan Prokes,” pesannya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top