HEADLINE NEWS

Terminal Modern Pertama di Sultra Dilaunching, Ali Mazi : Terima Kasih Pak Jokowi

KENDARINEWS.COM — Terminal modern type A yang terletak di Kelurahan Puuwatu, Kota Kendari dilaunching, Sabtu (19/08/20). Peresmian pembangunan dilakukan secara bersama-sama oleh Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setiadi, Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ridwan Bae dan Ketua DPRD Sultra H. Abdurrahman Shaleh dengan cara memencet tombol alarm.

Kegiatan ini juga dirangkaikan launching pembangunan pelabuhan penyeberangan Kaledupa, Tomia, Binongko di KSPN Wakatobi dan Siompu, Kadatua di Buton Selatan, di wilayah KPPN Baubau.

Gubernur mengatakan kegiatan ini sesuai rencana induk pariwisata Nasional RI, Peraturan Presiden 150 tahun 2011 yang mana terdapat 4 kawasan pariwisata nasional di Sultra yakni Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Wakatobi serta Kawasan Pengembangan Pariwisata Nasional (KPPN) di Kota Baubau dan sekitarnya.

Kata Ali Mazi, Sultra memiliki lebih dari 650 pulau dan 80 pulau berpenghuni yang sangat memerlukan infrastruktur transportasi sebagai urat nadi perekonomian wilayah regional. ” Strategi pembangunan yang kami perkenalkan dengan Garbarata (gerakan pecepatan/pemerataan pembangunan daratan dan kepulauan) adalah strategi yang kami pilih untuk segera menciptakan konektifitas wilayah Sultra yang termasuk salah satu provinsi berciri kepulauan di Indonesia,” terangnya.

Menurut pasangan Lukman Abunawas ini, selain terminal puuwatu, pembangunan pelabuhan penyeberangan di daerah kepulauan menjadi sasaran pembangunan 5 tahun adalah untuk menunjang dua kawasan pembangunan pariwisata nasional yakni KSPN di Wakatobi dan KPPN di wilayah Baubau dan sekitarnya.

Untuk itu, mewakili masyarakat Sultra, Ali Mazi sangat berterima kasih kepada Presiden RI, Ir Joko Widodo dan juga Menteri Perhubungan beserta jajaran Kementerian Perhubungan RI yang makin intens melengkapi pembangunan simpul utama tranportasi di Sulawesi Tenggara.

“Terminal Type A Puuwatu ini adalah hasil kolaborasi antara Pemda Sultra dan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub yang baru saja di gagas setahun yang lalu 2019, termasuk dalam menunjang KPPN kendari dan sekitarnya. Kita harus berterima kasih,” ujarnya.

Ia menambahkan selama ini Sultra belum pernah memiliki terminal bertype A, maka dengan dimulainya pembangunan terminal dengan konsep Mix Used yang diperkenalkan Dirjen Perhubungan Darat dapat membuat Sultra sebagai Provinsi terdepan dalam penataan simpul transportasi darat di kawasan timur Indonesia.

“Pasca Sultra merealisasikan pembangunan Kendari New Port sebagai pelabuhan termodern ke 3 di kawasan timur Indonesia setelah Makassar dan Bitung,” tuturnya.(pandi/PB)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top