Ekonomi & Bisnis

Terdampak Pandemi, 60 Persen UMKM Mati Suri

KENDARINEWS.COM — Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19) tentu berdampak di berbagai sektor. Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu yang terdampak virus yang menyerang sistem pernapasan itu. Di Sultra, sebanyak 60 persen UMKM mati suri akibat tak mampu bertahan di tengah covid-19.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra, Muhammad Yusuf mengatakan, saat ini menurut data yang masuk ke instansinya, banyak dari UMKM di Sultra mengalami mati suri. “Jadi kurang lebih 60 persen UMKM kita itu mati suri, dari tolal UMKM yang masuk kedata sekira 200 ribu lebih, ” kata Yusuf.

Penyebabnya, masyarakat lebih memilih tinggal di rumah. Sementara karena keterbatasan modal dan usahanya kecil, mereka belum bisa memanfaatkan yang namanya digital. “Jadi memang yang mati suri itu karena kurang pembeli, akibat tak dapat memanfaatkan teknologi dalam penjualanya, ” jelasnya.

Kendati demikian, ada pula UMKM yang tetap tumbuh. Sebagaian besar adalah pelaku UMKM yang memanfaatkan platform digital. Konsep inilah yanga akan dikembangkan. “Untuk pengembangan platform digital, kita akan bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI). Selain itu, kita tetap melakukan pendampingan dan pembinaan. Kita ingin memastikan produknya bisa bersaing di pasaran nasional bahkan internasional, “jelasnya.

Saat ini, pihaknya akan terus mendorong pemanfaatan teknologi dalam setiap pemasaran para UMKM di Sultra. ” Dengan memanfaatkan teknologi, tentu kita bisa lebih mendorong potensi pemasaran mereka. Jadi tak perlu takut akan menurun, dengan memanfaatkan teknologi, InsyaAllah kedepan para UMKM kita bisa lebih maju, “pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top