Metro Kendari

Terapkan Zonasi, Dikbud Input Data Guru

KENDARINEWS.COM — Sistem zonasi akan diberlakukan kepada guru setingkat SMA, SMK sederajat dan SLB. Langkah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra tak hanya untuk mendekatkan tempat tinggal guru dan sekolah, namun juga bagian dari pemerataan sebaran para pengajar. Sebagai langkah awal, Dinas Dikbud telah melakukan penginput data. Kepala Dinas Dikbud Sultra, Asrun Lio mengaku telah menyiapkan sistem. Hasil pendataannya nanti akan diinput melalui aplikasi yang telah disiapkan. Saat ini, pihaknya tengah mendata secara manual seperti alamat dan bidang studinya. Nantinya, akan diketahui sebaran dan jumlah guru di satuan pendidikan.

“Jadi, semua data guru akan tersave dalam sistem. Dari situ sistem akan mencari sekolah mana yang kekurangan atau kelebihan guru. Selain itu mereka akan ditempatkan di sekolah dekat dengan lokasi tempat tinggalnya,” jelasnya. Proses penginputan kata dia, masih dilakukan di seluruh kabupaten dan kota untuk SMA,SMK dan SLB. Setelah itu akan dilakukan uji coba keaktifan dari pada sistem ini. Dikbud akan menetapkan satu daerah sebagai percontohan.

“Kita lihat dulu daerah mana yang sudah sempurna penginputan datanya. Nanti kita jadikan daerah percontohan. Namun sejauh ini, belum ada gambaran daerah mana. Intinya, kita tunggu penginputan saja dulu. Sebab ada sekitar 11 ribu data guru yang harus dimasukan,” ujarnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top