Metro Kendari

Tender Sirkuit di Nanga-nanga Segera Rampung

KENDARINEWS.COM — Sultra akan memiliki sirkuit permanen. Saat ini, Pemprov Sultra tengah memulai pembangunan sikuit balapan di kawasan Nanga-nanga Kendari. Tahun ini, pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 893 juta. Sejauh ini, proyeknya masih dalam proses tender.

Kepala Dinas Ciptakan Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan pembangunan sirkuit akan dilanjutkan tahun ini. Jika tidak ada kendala, pengerjaannya akan segera dimulai. Apalagi proses tendernya telah masuk tahapan akhir atau masa sanggah.

“Kini, sudah dilelang. Yang mana, pagu anggarannya sekira Rp. 893 Juta. Bila masa sanggah tuntas, makan akan ditetapkan pemenang tender. Jadi, pengerannya bisa segera dimulai. Luas area sekuit sekitar 10 hektar,” jelas mantan manajer Timnas Soft Ball ini.

Kondisi sirkuit road race telah dilakukan penimbunan. Untuk badan jalannya sudah terbentuk. Namun masih ada beberapa bagian badan jalan yang belum selesai. “Kita memang sudah anggarkan sejak tahun 2020. Di mana anggaran pembangunan awal sekira Rp 800 juta. Tahun ini kita anggarkan lagi kurang lebih Rp 893 juta, ” jelasnya.

Pada tahun 2020, pihaknya mengusulkan anggaran Rp 1 miliar. Namun karena adanya refocusing, sehingga yang diberi hanya sekira Rp 800 juta. “Bila ditotal keseluruhan anggaran yang digunakan untuk pembangunan Sirkuit Road Race dalam kurun dua tahun ini sekira Rp 1,9 miliar, ” ujar Pahri Yamsul.

Anggaran tahun 2021 kata dia, dikhususkan untuk menuntaskan badan jalan yang belum tuntas dan area road racenya. Yang pastinya, pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. “Progresnya masih jauh. Sampai saat ini baru sekitar 5 persen. Namun kita bakal kerja secara bertahap sesuai anggaran yang ada,” ucapnya. (b/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top