Metro Kendari

Telorkan 1.168 Tenaga Kerja Terampil, Gubernur Salut Kontribusi BLK

KENDARINEWS.COM — Gubernur Sultra, Ali Mazi mengapresiasi kontribusi Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM). Tidak hanya siap kerja, keluaran BLK juga memiliki kemampuan membuka usaha secara mandiri. Apalagi metode pelatihannya sejalan dengan kebutuhan saat ini.

Tahun ini, BLK Kendari menargetkan melatih 1.168 tenaga kerja terampil. Program ini meliputi 73 paket pelatihan. Yang mana, terdiri dari 50 paket Pelatihan Berbasis Kompetensi (PKB) Institusional non Boarding, tiga paket PKB Institusional Boarding dan 20 paket PKB non Institusional.

“Saya menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan BLK. Pelatihan ini bisa meningkatkan kompetensi peserta di masing-masing bidang. Kita berharap agar semua peserta disiplin dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas. Terobosan yang dilakukan Kepala BLK Kendari patut di acungi jempol,” kata Ali Mazi saat membuka Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Institusional dan Non Boarding Tahap I.

Ia berharap pelatihan ini rutin digelar. Sebab hal ini menjadi modal positif terhadap para pencari kerja. Sebab selama pelatihan, peserta akan digembleng sehingga terampil dan kompeten sesuai dengan kebutuhan industri atau mampu membuka usaha secara mandiri. Upaya ini turut berimbas penurunan angka pengangguran.

Kepala BLK Kendari, Dr La Ode Haji Polondu mengatakan pelatihan ini berorientasi pada kompetensi. Meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga kerja dalam berbagai keahlian dan keterampilan sesuai kejuruan masing – masing. Tak hanya sebatas keahlian, peserta turut dilatih mentalnya sebelum turun di dunia kerja.

“Sasaran kami adalah masyarakat umum dan pencari kerja yang berdomisili di wilayah Kota Kendari dan Sutra secara umum. Salah satu tupoksi kami yakni menekan angka pengangguran melalui pelatihan PBK,” ungkapnya.

PBK Institusional dan Non Boarding Tahap I kata dia, terdiri dari delapan item. Yaitu, Surveyor, Pengelolaan Administrasi Perkantoran, Computer Operator Asistent, Desain Grafis, Asisten Pembuat Pakaian, Teknisi Handphone, Menjahit Pakaian Wanita dan Kecantikan Kulit.

“Pelatihan ini mulai Rabu 3 Februari 2021 sampai 25 maret 2021 mendatang. Kami siap mendukung program gubernur. Di sisi lain, kami akan bersinergi dengan stakeholder terkait termasuk dunia industri dan usaha. Kami komitmen meningkatkan kompetensi tenaga kerja agar sesuai dengan kebutuhan demi tercapainya cita-cita bersama, memajukan pembangunan dan mengurangi angka pengangguran Sultra,” pungkasnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top