Ekonomi & Bisnis

Telkomsel Perluas Coverage untuk Segmen B2B dan B2G

Combat di area tambang PT. CNI Kolaka. (TELKOMSEL FOR KENDARI POS)

KENDARINEWS.COM– Telkomsel terus berupaya menyediakan akses jaringan yang merata di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra). Terbaru, kawasan industri tambang PT Ceria Nughara Indotama (CNI) di Kolaka telah tercover layanan 4G Telkomsel barupa new compact mobile base transceiver station (Combat).

Manager Network Service Telkomsel Kendari, Teksan Ismail, mengatakan, pemasangan Combat ini merupakan bentuk kerja sama bussines to bussiness (B2B) antara PT Telkomsel dengan PT CNI. Perusahaan tambang tersebut menyediakan tower dan listrik, sedangkan Telkomsel menyiapkan perangkat base transceiver station (BTS).

“Combat 4G di PT. CNI sudah on air sejak 8 Maret 2021. Tower yang digunakan hanya memiliki tinggi 6 meter karena lokasi pemancar sudah berada di ketinggian,” ujar Teksan, Rabu (24/03/2021).
Lanjut dia, kerja sama tersebut sebagai salah satu langkah percepatan coverage di daerah. Dikarenakan pembangunan regular terbatas dalam setiap tahun anggaran, maka pemerintah daerah perlu mendukung percepatan pelayanan signal untuk masyarakat dengan tetap memperhatikan aspek bisnis selain faktor kontur dan ketersedian listrik di daerah tersebut.

“Pembangunan tower adalah komponen yang biaya investasinya tinggi. Saat ini masih satu tower. Jika kedepannya populasi semakin banyak, maka penambahan pemancar bisa dialokasikan kembali,” imbuhnya.
Ia menyebut, kerja sama model B2B sudah terjalin di beberapa tambang di Sultra. Saat ini, pihaknya telah menerima permintaan pemasangan BTS di wilayah tambang dan sedang dalam proses assessment. Selain B2B, Telkomsel juga mempunya kerjasama model bussiness to government (B2G). “Jika tidak ada masalah kontur dan populasi, serta telah memenuhi hitungan bisnis, maka kerjasama bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top