Tegas! Menkumham Copot Kakanwil Banten dan Kalapas Tangerang: Buntut Narapidana Narkotika Kabur

KENDARINEWS.COM – Jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) heboh pasca kaburnya narapidana narkotika dari Lapas Kelas 1 Tangerang. Langkah tegas pun diambil
Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) RI, Yasonna Laoly, dengan mencopot Kakanwil Kemenkumham Banten Agus Toyib, dan Plh Kalapas Tangerang, Nirjono. Bahkan, Kadis Pemasyarakatan (Pas) Banten juga tak luput dari sanksi pemecatan.

Informasi pemecatan pejabat Kanwil Kemenkumham Banten disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Komjen Andap Budhi Revianto di Gedung Kemenkumhan, Jakarta Selatan, Rabu (15/12/2021)

“Pimpinan (Menkumham Yasonna Laoly) tak mentolerir hal seperti ini. Makanya, saya selaku Sekjen menerjemahkan perintah beliau dan mengambil langkah tegas,” ungkap Komjen Andap.

Sebelumnya, napi narkoba berinisial A kabur dari Lapas Kelas IA Tangerang pada Rabu (8/12/2021). Kemenkumham akan memberikan sanksi tegas terhadap petugas lapas yang melanggar SOP. “Masih berproses. Kalau ada pelanggaran SOP pasti ada sanksi tegas,” jelasnya. Tindakan tegas yang paling berat adalah pemberhentian dengan tidak hormat.

Sebagai tindaklanjut dan menghindari kekosongan jabatan, Brigjen Andap melantik Tejo Harwanto sebagai Kakanwil Banten yang sebelumnya menjabat Kakanwil Kalimantan Selatan.

Kemudian, Andap melantik Asep Sutandar sebagai Kalapas I Tangerang yang sebelumnya menjabat sebagai Kalapas Kelas I Madiun. Terakhir, Masjuno dilantik sebagai Kadiv PAS Kanwil Banten yang sebelumnya menjabat sebagai Kadiv PAS Kanwil Papua Barat.

Adapun Agus Toyib dan Nirhono Jatmokoadi dibebastugaskan. Rotasi tercantum dalam Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor M.HH-46.KP.03.03 Tahun 2021 tanggal 14 Desember 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Dari dan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *