Ekonomi & Bisnis

Taspen Salurkan Dana Pensiun Rp 85 Miliar, Untuk 31.159 Peserta

Suasana pelayanan di kantor Taspen Cabang Kendari, Rabu (24/2). Tahun lalu, PT Taspen berhasil menyalurkan Rp 85 miliar dana pensiun.

KENDARINEWS.COM — PT Taspen (Persero) Cabang Kendari telah membayarkan dana pensiun sebesar Rp 85 miliar di tahun 2020 kepada 31.159 pensiunan yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra). Jumlah tersebut sesuai dengan dana pensiun yang dialokasikan tahun 2020.

Branch Manager PT Taspen Cabang Kendari, Fuji Widya Rachmadi mengungkapkan, dalam pelayanan pembayaran dana pensiun, pihaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Berbagai kemudahan juga dihadirkan sehingga pembayaran dana pensiun berjalan tanpa kendala. Peserta Taspen diberikan pilihan untuk mengambil langsung uang pensiun ke bank, kantor pos yang sudah teregister, atau melalui aplikasi smartphone di mana dana langsung ditransfer ke rekening masing-masing.

“Kami memberikan kemudahan dengan otentifikasi menggunakan smartphone. Pemanfaatan digital ini memudahkan dalam melakukan pembayaran kepada peserta Taspen,” ujar Fuji Widya, kemarin.

Kata dia, jumlah pensiunan di Sultra selalu meningkat setiap tahun. Pada tahun 2020, peserta Taspen bertambah sekira 1.000 peserta dibandingkan tahun 2019. Sedangkan tahun ini diperkirakan akan ada penambahan sebanyak 2.100 peserta. Angka tersebut meliputi pensiunan dari instansi pemerintah daerah se-Sultra dan instansi vertikal. Sesuai data kepesertaan pensiun, peserta terbanyak berasal dari Pemprov Sultra dan Kota Kendari.

“PT Taspen sudah bertransformasi jauh lebih baik dari sebelumnya. Pelayanan kini lebih sederhana. Calon pensiunan tidak perlu datang ke kantor Taspen. Karena kami sudah mengurus SK pensiun mereka menggunakan data terintegrasi BKN Sultra. Hanya saja, jika sudah pensiun, peserta wajib melakukan enrollment atau perekaman data biometrik,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top