Target PAD Kota Kendari Naik 200 Persen

KENDARINEWS.COM — Tak hanya mengawal proyek infrastruktur, Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kota Kendari turut diberi tugas memberi sumbangsih bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Tahun 2022 ini, instansi yang dinahkodai Cornelius Padang diberi target PAD sebesar Rp 3 miliar.

Cornelius Padang mengaku target PAD tahun ini meningkat sekira 200 persen dari yang sebelumnya (2021) hanya Rp 850 juta menjadi Rp 3 miliar pada tahun ini. Kendati demikian, ia optimis bisa mencapai target yang diberikan. Itu bercermin dari capaian tahun lalu sekira Rp 1,2 miliar “Kami optimis bisa capai target,” ujarnya, kemarin.

Untuk mencapai target, Cornelius sudah menyusun beberapa rencana misalnya memaksimalkan pengelolaan berbagai potensi yang ada seperti pengelolaan tiga rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) milik Pemkot Kendari yakni Rusun Tobuha, Rusun Nelayan dan Rusun Bungkutoko.

“Di Rusun Tobuha di situ ada ruang bagi kita untuk menaikan sedikit (sewa rusun). Karena sejak tahun 2015 belum pernah disesuaikan (harga sewa). Namun sebelumnya kami perbaiki dulu fasilitasnya misalnya kami buatkan toga, juga kami melakukan perbaikan pada pintu-pintu kamar yang rusak,” kata Cornelius Padang.

Ilustrasi

Selain itu, pihaknya juga bakal memaksimalkan pengelolaan rusus (Rumah Khusus) Purirano yang selama ini belum dioptimalkan oleh Pemkot Kendari. “Kami sedang melakukan identifikasi dan inventarisasi. Kami akan kelola. Namun sebelumnya, sebanyak 225 rumah akan mulai kita tata dan kelola mudah-mudahan bisa memberikan tambahan PAD,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, pihaknya tengah merevisi Perwali soal penyediaan PSU (Prasarana, Sarana, dan Utilitas). Mantan Sekretaris Bappeda Kota Kendari ini mengungkapkan ada ruang bagi pemerintah memaksimalkan PAD melalui kompensasi kekurangan PSU dari pengembang perumahan (developer).

“Nanti jika ada pengembang yang tidak bisa memenuhi syarat PSU nya minimal 40 persen, itu ada ruang bagi kami untuk mengenakan mereka kompensasi dalam bentuk uang tunai. Jadi ini potensi untuk kami masukan sebagai target. Karena sudah ada daerah yang menerapkan kebijakan ini,” pungkasnya. (b/ags)

Strategi Dongkrak PAD

  1. Penyewaan Rusun Tobuha, Nelayan dan Bungkutoko
    -Sewa Rusun Tobuha Bakal Dievaluasi
    -Sejak 2015 Tidak Mengalami Kenaikan
    -Perbaikan Fasilitas Rusun
  2. Pengelaan Rumah Khusus (Rusus) Purirano Dioptimalkan
    -225 Rumah Akan Diperbaiki
    -Indetifikasi dan Iventarisasi
  3. Kompensasi Kekurangan PSU Bagi Developer
    -Perwali tengah Direvisi
    -Syarat Minial PSU 40 Persen

PAD 2021 Rp 1,2 Miliar
Target 2022 Rp 3 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *