Hukum & Kriminal

Tangkal Corona, Gagas Kampung Tangguh

KENDARINEWS.COM — Wabah covid-19 masih jadi pandemi di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali di Kota Kendari. Setiap harinya, ada saja warga metro yang terpapar. Atas dasar itu, Pemkot bersama Polres Kendari menggagas program “Kampung Tangguh”. Program tersebut diharapkan bisa menangkal wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, program kampung tangguh merupakan salah satu upaya pihaknya bersama jajaran Polres Kendari dalam menangkal covid-19 berbasis kearifan lokal. Maksudnya, pandemi covid-19 menjadi momentum untuk memperkokoh semangat gotong-royong dalam menghadapi wabah tersebut.

“Jadi masyarakat diminta untuk berinisiatif dan berinovatif membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan covid-19. Dengan pendampingan pemerintah, mereka diminta untuk mandiri dan menyiapkan sarana mitigasi jika kemungkinan hal terjadi,” ujar Sulkarnain Kadir.

Adapun kemandirian yang dimaksud yakni penyediaan ruang isolasi, posko kesehatan, dapur umum, lumbung pangan, penyediaan APD untuk evakuasi pasien hingga kesiapan petugas pemulasaraan. “Meski begitu pemerintah bersama Satgas dan seluruh jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) tetap melakukan pendampingan dan bimbingan rutin supaya program bisa berjalan dengan baik,” kata Sulkarnain Kadir.

Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah (MPW) PKS Sultra ini mengungkapkan, pihaknya tengah menyiapkan RT 04 dan RT 7 Kelurahan Wawowanggu untuk melaksanakan program tersebut. Hadirnya dua RT itu, lanjut dia maka menggenapkan jumlah kampung tangguh di Kendari menjadi 3 kampung, dimana sebelumnya telah terbentuk di RT 13 Kelurahan Lahundape.

Sebagai bentuk dukungan pada kampung tangguh, pihaknya akan membantu menyediakan sarana dan prasaranan kampung seperti lampu jalan dan melengkapi paving block di wilayah tersebut, “Saya harap upaya ini (kampung tangguh) juga bisa ditiru oleh RT/RW dan kelurahan lainnya yang ada di Kota Kendari. Sehingga Pemkot dapat terbantu dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 serta percepatan pembangunan Kota Kendari,” pungkasnya. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top