Metro Kendari

Tangani Covid-19, Pemkot Gelontorkan Belasan Miliar Tiap Bulan

KENDARINEWS.COM — Penanganan wabah covid-19 di Kota Kendari membutuhkan anggaran yang cukup besar. Tiap bulannya, anggaran Pemkot Kendari terkuras sekitar Rp 14 s.d 17 miliar. Anggaran ini diperuntukan untuk menyelematkan warga metro yang terjangkit virus yang menyerang sistem pernapasan manusia itu.

Sulkarnain Kadir

“Biayanya tidaklah murah. Masyarakat perlu tahu kalau setiap bulannya, Pemkot Kendari harus menggelontokan dana miliaran rupiah. Untuk itulah, saya meningatkan warga untuk tidak menganggap remeh wabah ini,” kata Sulkarnain Kadir, Wali Kota Kendari kemarin.

Biaya yang dikeluarkan Pemkot sambungnya, diperuntukan biaya perawatan setiap pasien dirumah sakit. Mulai dari keperluan rapid test, kemudian jika reaktif itu dilanjutkan dengan swab test. Jika terkonfirmasi positif tentu akan menjalani karantina dan rawat inap di rumah sakit.

“Perawatan ini yang juga membuat biayanya semakin banyak. Sebab, setiap pasien harus kita cukupi kebutuhan vitamin dan makanannya. Obat-obatan dan keperluan lain akan diberikan hingga pasien dinyatakan sembuh,” ungkap politisi Partai keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Bukan hanya itu kata Sulkarnain, biaya operasional dan insentif satgas percepatan penanganan wabah Covid-19 juga menjadi prioritas pembiayaan dikarenakan peran mereka sebagai harda terdepan dengan resiko kerja yang tinggi. “Mereka yang berjuang dalam upaya percepatan penanganan ini sudah sepatutnya kita apresiasi. Mereka mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan sesama,” kata Sulkarnain.

Beruntung, kata Sulkarnain, Pemerintah melalui Kemenkeu mengeluarkan kebijakan recofusing anggaran sehingga biaya penanganan Covid-19 diambil dari APBD meskipun dengan konsekuensi tak terlaksananya beberapa program strategis Pemkot Kendari.

“Kesehatan masyarakat adalah prioritas. Kalau pembangunan iti bisa kita anggarkan tahun depan. Ini memang resiko yang harus kita ambil. Oleh karenanga saya mengimbau kepada masyarakat untuk membantu pemerintah dalam upaya percepatan penanganan wabah ini. Caranya mudah, masyarakat cukup mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Pakai masker, rajin mencuci tangan dan jaga jarak. Serta kalau tak punya urusan mendesak, saya sarankan untuk tetap berada dirumah saja,” ujarnya. (b/ags)

Penanganan Covid-19 di Kota Kendari

  1. Pagu Anggaran Rp 51 Miliar.
  2. Anggaran Digunakan Rp 14 s.d 17 Miliar Perbulan
    -Biaya Rapid Test dan Swab
    -Perawatan dan Pengobatan Pasien
    -Biaya Operasional
    -Intensif Nakes dan Satgas
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top