Kolaka Utara

Tak Hadir Upacara, Veteran Kolut Tetap Terima Santunan

Nur Rahman Umar

KENDARINEWS.COM– Pelaksanaan upacara peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 76 yang berlangsung di Lapangan Aspirasi Kecamatan Lasusua Kabupaten Kolaka Utara tanpa dihadiri para veteran karena alasan pandemi. Meski demikian, santunan dari pemerintah tetap ditunaikan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Bupati Kolut, Nur Rahman Umar bersama wakilnya, H. Abbas telah mengawali upacara HUT RI dengan melakukan kunjungan ke Taman Makam Pahlawan (TMP) guna melangsungkan giat Renungan Suci. Momentum kemerdekaan RI kali ini yang tanpa veteran hingga tidak ada seremoni penyerahan santunan secara langsung.

Kata Nur Rahman, total veteran yang masih tercatat sebagai penerimah santunan sebanyak 14 orang yang mana dua diantaranya telah berpulang. Meski demikian, kedua almarhum masih akan menerimah melalui ahli warisnya. “Rp.10 juta per orang,” ucapnya.

Dana tersebut diserahkan bertahap baik pada moment kemerdekaan maupun peringatan hari pahlawan. Para veteran atau ahli waris bisa mengambil langsung ke Dinas Sosial atau diantarkan ke kediamannya mengingat sebagian diantaranya tidak tidak bisa lagi bepergian.

Selain soal santunan, Pemda Kolut juga akan segera merenovasi TMP setempat.  Ada empat orang veteran yang dimakamkan di TMP tersebut masing-masing bernama Abd. Rachman, Raufe, Tammu dan Halide. (rus) 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top