HEADLINE NEWS

Tak ada lagi Kasus Kematian di Kendari Akibat Covid


-Hasil Asesmen Kemenkes RI

KENDARINEWS.COM — Kerja keras Pemkot Kendari dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 patut diacungi jempol. Berdasarkan hasil asesmen oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kota Kendari dinyatakan masuk zona hijau dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menurun dari level 2 menjadi level 1.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan penurunan level PPKM dipengaruhi beberapa indikator seperti seluruh wilayah kelurahan (65 Kelurahan) masuk zona hijau atau tidak ada ditemukannya kasus dalam beberapa pekan terakhir. Selanjutnya, dari per 100 ribu penduduk Kota Kendari sama sekali tidak ditemukan kasus Covid, pasien dalam perawatan (rawat inap) dan tidak ada kasus kematian.

Di sisi lain, upaya testing, tracing dan treatment (3T) terus mengalami peningkatan atau berlangsung memadai. Seperti dari hasil testing yang tercatat 0 persen atau tidak ditemukannya kasus Covid. Sementara tracing, pemerintah hanya menemukan sekira 3,33 persen kontak erat, dan tratment sebesar 3,34 persen.

“Pemerintah melalui Kemenkes telah menetapkan Kota Kendari masuk sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang level PPKM-nya menurun. Turun dari level dua menjadi level satu,” ungkap Rahminingrum.

Satgas Penanganan Covid-19 Kendari tengah melakukan testing di tengah masyarakat. Upaya itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid. FOTO : AGUS SETIAWAN/KENDARI NEWS

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyambut baik capaian tersebut. Keberhasilan itu lanjut dia, adalah buah dari ikhtiar dan kerja keras semua pihak mulai dari pemerintah, Satgas Penangaan Covid-19, TNI/Polri, dan seluruh elemen masyarakat.

“Berkat kerja keras kita semua, PPKM di Kota Kendari saat ini bisa turun menjadi level 1. Kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan sangat baik. Masyarakat sudah menjadi kebiasaan menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak sebagai sebuah kebiasaan baru sehingga penyebaran wabah ini (Covid) bisa tertangani dan terkendali,” kata Sulkarnain Kadir.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sultra itu menambahkan, penurun level PPKM di Kendari juga tak lepas dari upaya pemerintah mengejar mencapai Herd Immunity (kekebalan kelompok) minimal vaksinasi 70 persen. “Saat ini capaiannya sudah mendekati 60 persen (59,91 persen). Terus kita kebut agar cepat tercapai,” kata Sulkarnain Kadir.

Meski sudah menerima hasil asesmen Kemenkes, pihaknya tetap menunggu informasi resmi dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN) soal penurunan level PPKM. Pihaknya tetap fokus pada upaya percepatan penanganan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu. (b/ags)


Notice: Trying to get property 'term_id' of non-object in /home/kendarinews/public_html/wp-content/themes/flex-mag/functions.php on line 1987
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top