Politik

Tak Ada Klaster Covid-19 Pilkada di Sultra


KENDARINEWS.COM — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra memastikan tak ada klaster penularan Covid-19 dalam penyelenggaraan Pilkada tujuh kabupaten. Dugaan kerumunan selama pesta demokrasi, belum menimbulkan klater baru hingga saat ini.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir mengatakan protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan secara ketat dalam setiap tahapan pilkada, berhasil mencegah klaster baru di musim pilkada. Tentunya itu, berkat peserta, penyelenggara dan pemilih yang patuh protokol kesehatan.

Proses pemungutan suara Pilkada serentak menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat.

Ia menjelaskan masa kampanye awalnya dianggap rawan menyebarkan pandemi karena menciptakan kerumunan. Namun berkat kerja keras semua pihak, kata dia, tak terjadi penyebaran pandemi di masa kampanye. Apalagi penyelenggara pemilu siap memberikan sanksi bagi peserta pilkada yang melanggar protokol kesehatan.

Ojo-sapaan akrab La Ode Abdul Natsir berterima kasih kepada berbagai pihak yang telah membantu penerapan protokol kesehatan. Tentunya, itu tak lepas dari kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol. Terlebih, berbagai elemen, memberikan peringatan mengenai potensi risiko penularan Covid-19. Dengan peringatan itu, KPU berupaya mengatur protokol kesehatan secara ketat di setiap tahapan pilkada.

Di sisi lain, Ia bersyukur partisipasi masyarakat justru meningkat pada tahapan pemungutan suara Pilkada di masa pandemi Covid-19. Bahkan partisipasi pemilih di tujuh kabupaten Pilkada, melampui target nasional 77,5 persen. (ags/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top