Metro Kendari

Tahun Ini, 387 Pegawai Pemprov Pensiun

KENDARINEWS.COM — Jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemprov Sultra yang memasuki masa purna bakti tahun ini cukup banyak. Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sultra, ada sebanyak 387 orang. Saat ini, para abdi negara ini telah mengajukan surat pensiun. Kabid Disiplin Kesejahteraan dan Pensiun BKD Sultra, Ruddin mengaku telah menerima ratusan berkas usulan surat pensiun. Rinciannya, 88 tenaga guru, 24 pegawai kehutanan dan selebihnya atau 275 orang lainnya berasal dari berbagai instansi di lingkup Pemprov Sultra.”Jadi, secara keseluruhan ASN yang pensiun tahun 2021 ini sebanyak 387 orang,” kata Ruddin saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/4).

Dalam kurun waktu dua tahun terakhir, jumlah ASN yang purna bakti terbilang besar. Tahun lalu, sebanyak 428 ASN yang pensiun. Jika diakumulasi dengan tahun ini, jumlahnya mencapai 815 pegawai. Dengan banyak ASN yang pensiun, distribusi pegawai harus lebih merata. Apalagi jika tidak dibuka seleksi penerimaan CASN.

“Penambahan pegawai akan tergantung dari kebutuhan pada tiap instansi. Namun semuanya harus tetap merujuk dari hasil analisis jabatan (anjab) dan beban kerja. Tapi biasanya, rujukan penambahan pegawai tetap berdasarkan total pegawai yang pensiun,” jelas Ruddin. Ia meminta ASN yang memasuki usia pensiun agar mengajukan lebih awal. Sesuai aturan, enam bulan sebelum pensiun sudah mengurus berkas-berkasnya. Dengan begitu, gajinya tidak terputus setelah resmi pensiun. “Bila diurus cepat, begitu jatuh masa pensiun gaji bisa tetap berjalan. Sebab, bila cepat diurus maka data akan cepat pula masuk di pusat. Karena gaji pensiun sendiri dihitung oleh pusat dan diterima di tabungan dan asuransi pegawai negeri (Taspen),” ungkapnya. (b/rah)

ASN Pensiun
2020 428 Pegawai
2021 387 Pegawai
-Guru 88 Orang
-Pegawai Kehutanan 24 Orang
-Instansi Lain 275 Orang

Rujukan Penambahan Pegawai
-Analisasi Jabatan
-Beban Kerja

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top