Kolaka Utara

Tagihan Air Melonjak, PDAM Ngaku Pake Aplikasi ‘Pintar’

Jumadi

KENDARINEWS.COM– Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tampanama Kolaka Utara (Kolut) dalam beberapa hari terakhir kerap menerimah komplain dari pelanggannya terkait tagihan pembayaran pemakaian air. Beberapa orang warga mengaku tagihan airnya melonjak ketimbang bulan-bulan sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Direktur PDAM Tirtatampanama, Jumadi menjelaskan jika saat ini pihaknya menggunakan aplikasi untuk melakukan pencatatan jumlah tagihan pelanggan. Hal itu diklaim akurat karena tidak lagi secara tertulis. “Tidak lagi sistim mencatat. Jumlah pemakaian di meteran air langsung di foto dan diinput ke aplikasi di handphone masing-masing anggota,” ujarnya, Jumat (2/7).

Aplikasi yang dimaksud Jumadi yakni “PDAM Pintar” yang juga bisa didownload semua pelanggannya. Mereka bisa mengecek sendiri jumlah pemakaian airnya melalui selularnya. “Kalau dicatat kan bisa saja kesalahan angka penulisan. Ini foto langsung jadi tidak bisa ditambah atau dikurangi,” tuturnya.

Terlait adanya kenaikan itu terang Jumadi, hal itu bisa saja diakibatkan karena pencatatan secara manual sebelumnya yang tidak akurat. Lantas, setelah difungsikan secara otomatis angkanya akan mengkalkulasi selisih jumlah yang ditulis sebelumnya. “Misalnya, yang dibayar Rp.4.550 Ribu. Terkadang petugas cukup mencatat Rp.4500 Ribu saja. Nah setekah diberlakukan aplikasi ini akan mengkalkulasi nilai-nilai yang diturunkan sebelumnya,” paparnya.

Pihaknya sendiri memberlakukan aplikasi itu dengan tujuan agar pencatatan itu akuran serta menghindari komplain dari pelanggannya. Tentu bukan hanya berfungsi mencatat meteran namun melalui layanan online tersebut juga bisa digunakan melakukan pembayaran secara langsung. “Pelanggan bisa cek jumlah tagihan dan pembayarannya sendiri via aplikasi itu,” sarannya.

Layanan tersebut dikatakan menjalin bekerjasama dengan perusahaan Bima Sakti yang berpusat di Bali. Hampir semua PDAM saat ini disampaikan menggunakan sistem tersebut guna mempermudah, transparan dan lebih akurat dalam hal pencatatan.

Total pelanggan PDAM Tirta Tampanama Kolut saat ini lebih dari 14 ribu sambungan. Akan tetapi sekitar dua ribuan dikemukakan tidak aktif dengan beberapa faktor alasan semisal masuknya suplaian air Pansimas, pindah rumah atau keluar daerah dalam waktu yang lama untuk sementara waktu dan lain-lain. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top