Nasional

Swab Antigen dan PCR untuk CASN Berdasarkan Instruksi BKN


KENDARINEWS.COM — Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baru akan digelar 14 September 2021. Mereka yang akan seleksi diwajibkan swab antigen atau tes Polymerase Chain Reaction (PCR) secara mandiri. Syarat itu dirasakan berat oleh peserta seleksi CASN.

Salah satu peserta SKD CASN Pemkot Kendari, Puput mengaku syarat swab antigen dan tes PCR dalam rekrutmen CASN kali ini sangat membebani dirinya. Pasalnya, jika aturan ini diberlakukan ia terpaksa harus merogoh kocek sekira Rp90 ribu untuk swab antigen atau Rp525 ribu untuk tes PCR di luar Pulau Jawa dan Bali.

“Memang Rp90 ribu itu bagi orang berada bukan masalah. Tapi kami ini orang tidak punya. Kalau bisa digratiskan swab antigennya. Atau paling tidak setengah harga. Saat ini kami sulit cari uang. Apalagi seperti saya yang di rumahkan perusahaan selama Covid-19 ini. Yang saya harap hanya tabungan sisa kerja,” kata Puput, Senin (30/8) kemarin.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kendari, La Ode Muhammad Rajab Jinik mengatakan kebijakan swab antigen dan tes PCR sudah tepat dikeluarkan dalam rangka melindungi peserta dan panitia dalam proses seleksi CASN. Akan tetapi, kata Rajab, alangkah baiknya khusus peserta seleksi diberikan kemudahan (digratiskan) saat pemeriksaan di rumah sakit.

“Ada beberapa keluhan masyarakat yang masuk soal swab antigen dan tes PCR dalam pelaksanaan seleksi. Mereka merasa diberatkan karena masih dalam situasi PPKM yang mana tak sedikit warga yang mengalami kesulitan ekonomi. Tentu ini akan kami kordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Rumah Sakit (RS),” kata Rajab Jinik, kemarin.

Politisi Partai Golkar Kendari ini berjanji akan mendiskusikan hal itu dengan pihak terkait seperti Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Dinkes, dan RS Kota Kendari. “Nanti kita koordinasikan, karena sampai hari ini juga kita belum berkoordinasi tentang itu. Tapi, kalau ada ruang untuk digratiskan, kita akan dorong hal itu. Adapun ternyata pembiayaan swab antigen gratis tidak ada, ya itu sudah menjadi kewajiban peserta harus swab antigen sebesar Rp90 ribu,” kata Rajab Jinik.

Terpisah, Kabid Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi BKPSDM Kendari, Abdul Salam mengaku kebijakan swab antigen dan tes PCR merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi peserta sebelum mengikuti SKD.

Itu berdasarkan instruksi dari BKN melalui Surat Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Nomor 7787/B-KS/04.01/SD/E/2021 tentang jadwal SKD CASN 2021 setelah mendapatkan rekomendasi dari Satgas Percepatan Penanganan Covid-19.

“Aturan ini dari BKN dan harus dipenuhi oleh setiap peserta. Tujuannya agat mereka bisa terlindungi dari penularan Covid-19. Jika ada yang keberatan bisa langsung menyampaikannya melali portal BKN dengan mengakses https/:www.sscasn.go.id siapa tahu ada solusi yang diberikan dari pusat,” kata Abdul Salam. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top