Sulawesi Tenggara

Sultra Pelopor Penyatuan KNPI, Tiga Kubu Sepakat Sukseskan Musda

Ketua Steering Committee Musda Bersama ke-XV, Hidayatullah bersama jajaran saat menegaskan penyatuan di tubuh KNPI Sultra, kemarin.

KENDARINEWS.COM–Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Tenggara (Sultra) komitmen bersatu Sukseskan Musyawarah Daerah (Musda) ke-XV. Setelah sebelumnya tiga Kelompok Kepemudaan, masing-masing mengklaim sebagai pengurus dan ketua KNPI.

Ketua Steering Committee Musda Bersama ke-XV, Hidayatullah mengungkapkan musyawarah daerah ini rencananya digelar selama dua hari, mulai 29 sampai 30 Mei 2021. Pembukaan secara resmi dilakukan di hotel Plaza Inn Kendari dan pelaksanaan musyawarahnya di hotel Athaya Kendari. Menerapkan protokol kesehatan covid-19 dengan ketat.

“Penyatuan KNPI sebenarnya sudah digaungkan mulai dari tingkat DPP atau pusat namun sampai saat ini belum nampak realisasinya. Maka dari itu DPD KNPI Sultra berupaya menjadi pembuka jalan, pelopor penyatuan di tubuh KNPI, pemuda harus bersatu,” ungkapnya, kemarin.

Dia mengatakan mengatakan dalam Musda nantinya akan menentukan pengurus baru KNPI Sultra periode 2021 – 2025. Termasuk memperebutkan jabatan ketua. Dimana, ada 180 voters atau pemilih nantinya. Mereka adalah peserta penuh yang memiliki hak memilih.

“Terdiri dari 122 OKP Nasional yang terdaftar di KNPI Sultra, 51 DPK dari tiga kubu, tiga DPD Provinsi, satu MPI dan tiga DPP. Masing-masing memiliki satu hak suara. MPI Sultra hanya satu suara, sebab masing-masing kubu mendaulat orang yang sama,” ungkapnya.

Dirinya menuturkan, meski belum dibuka secara seremonial. Pelaksanaan Musda sementara berlangsung. Syarat bakal calon sudah diumumkan. Pendaftaran sudah dibuka dan tidak dipungut biaya apapun. “Pengambilan dan pengembalian formulir pendaftaran calon ketua DPD KNPI Sultra sudah bisa dilakukan di sekretariat panitia di hotel Athaya Kendari. Dibuka sejak 24 sampai 27 Mei nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Sultra, Yusmin komitmen merangkul semua pengurus KNPI agar tetap bersatu, membangun daerah. Bersatunya sejumlah Organisasi Kepemudaan dan tiga ketua KNPI, dapat menghilangkan perbedaan untuk mencari kesamaan visi dan misi membangun organisasi.

“Penyatuan kembali ketiga kelompok KNPI ini penting dilakukan, KNPI adalah organisasi Independen namun tidak terlepas kaitannya dengan pemerintah. Pemuda miliki peran penting terlibat dalam pembangunan daerah Sulawesi Tenggara,” tutupnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top