Metro Kendari

Sulkarnain Terpilih Sebagai Wakil Ketua APEKSI Periode 2021-2024

KENDARINEWS.COM — Kepiawaian Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir sebagai pemimpin sudah teruji di level lokal Kendari. Sulkarnain melebarkan kiprah kepemimpinannya di pentas nasional. Terbaru, dia terpilih sebagai Wakil Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Wilayah VI Periode 2021 – 2024. Wali Kota Sulkarnain Kadir terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskorwil) IX Apeksi yang berlangsung di Kota Gorontalo, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada Sabtu (10/4). Sulkarnain menjadi Wali Kota Pertama dari Sultra yang masuk jajaran pengurus Apeksi wilayah VI.

Sulkarnain Kadir menyambut baik amanah yang dipercayakan kepadanya. Dia mengaku siap mengemban tanggungjawab sebagai Wakil Ketua Apeksi untuk empat tahun mendatang. “Tentu kita siap, apalagi ini kepercayaan teman-teman pemerintah kota (Pemkot ) yang ada di wilayah VI,” tutur Sulkarnain Kadir saat dihubungi Kendari Pos, Minggu (11/4). Menurut Sulkarnain, kehadiran Apeksi sangat penting karena bisa menjadi wadah penghubung antara pemerintah kota diwilayah VI yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulamapa) dan secara umum meliputi pemerintah kota se-Indonesia.

“Melalui Apeksi, maka kita akan berupaya membangun kerja sama yang baik antar pemerintah kota. Apalagi dimasa pandemi ini kita harus lakukan tindakan extraordinary (tindakan luar biasa) untuk menekan penyebaran covid-19 sesuai instruksi Presiden Jokowi,” kata Sulkarnain Kadir.

Di sisi lain, dia berharap hadirnya Pemkot Kendari sebagai pengurus Apeksi bisa mendorong kemajuan Kota Kendari sehingga bisa berprestasi di tingkat nasional. Untuk diketahui, Muskerwil Apeksi XI Wilayah VI di Kota Gorontalo sejatinya dilaksanakan sejak tahun 2020. Hanya saja karena pandemi covid-19, terpaksa baru digelar tahun ini. Muskerwilkali ini mengangkat tema “Penguatan Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19”. Muskerwil dihadiri langsung Ketua Apeksi Pusat, Bima Arya Sugiarto yang juga Wali Kota Bogor.

Dalam muskerwil, dihasilkan beberapa keputusan terkait program kerja dan susunan pengurus Apeksi Wilayah VI yang baru. Adalah Wali Kota Tidore Ali Ibrahim terpilih aklamasi sebagai Ketua Apeksi Wilayah VI. Selanjutnya tiga Wali Kota di kawasan Sulamapa dipercaya sebagai Wakil Ketua Apeksi untuk masa bakti 2021 – 2024. Diantaranya adalah Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir sebagai wakil ketua Bidang Pembangunan dan Pemerintahan. Sementara untuk dewan pengawas dijabat Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dan Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top