Metro Kendari

Sulkarnain Salurkan Bantuan untuk Warga Punggaloba

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir sangat peduli dengan warganya yang terdampak Covid-19. Orang nomor satu di Kota Kendari ini kembali menyempatkan waktu untuk berbagi dengan warga di Punggaloba. Sebanyak 28 paket sembako plus uang tunai diberikan kepada warga. Sulkarnain mengatakan bantuan yang disalurkan berasal dari dana Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) ASN dan Warga Kota Kendari. Adapun penyalurannya di Kelurahan Puunggaloba sudah memasuki titik ke tujuh. “Kita tahu sendiri, Kecamatan Kendari Barat, khususnya Kelurahan Punggaloba merupakan salah satu kelurahan yang padat penduduknya. Selain itu, tak sedikit warga khususnya para lansia yang terdampak. Makanya, kami berinisiatif untuk membantu mereka,” kata Sulkarnain.

Ke depan, pihaknya berkomitmen akan menyalurkan ZIS dalam bentuk modal usaha kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Hal itu dilakukan untuk memulihkan perekonomian warga sekaligus untuk menjamin kesejahteran masyarakat. “Jadi selain bantuan konsumtif, kami juga akan mmemberikan bantuan produktif kepada para pelaku usaha yang terdampak Covid-19, supaya modal mereka kuat dan bisa berusaha kembali. Kami berikan bantuan dana dan bukan pinjaman,” kata Sulkarnain.

Ia berpesan agar warga untuk selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan, agar lingkungan yang aman dan tentram bisa tercipta. “Kita ketahui bahwa di lingkungan masyarakat pasti ada yang namanya perbedaan. Meski begitu kita harus tetap berfikir positif bahwa perbedaan itulah yang akan menjadi rahmat. Kalau kita ingin wilayah kita aman dan tenang, jangan jadikan perbedaan itu sebagai ajang untuk berselisih,” kata Sulkarnain.

Ketua Baznas Kota Kendari Alimuddin mengatakan, penyaluran bantuan sembako di Punggaloba merupakan rangkaian pembagian sembako yang telah direncanakan Baznas Kota Kendari tahun ini sebanyak 1.137 paket. “Sebenarnya bantuan akan diserahkan langsung seluruhnya. Akan tetapi karena saat ini masih pandemi Covid-19 sehingga penyalurannya kami bagi per kelurahan. Semua kelurahan kebagian,” kata Alimuddin.

Untuk bantuan ekonomi atau permodalan, Alimuddin mengaku telah menyalurkannya kepada para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). “Sampai hari ini kami telah memberi bantuan sebanyak 136 orang, dengan jumlah dana Rp 174 juta. Sementara untuk tahun 2021 Baznas telah memprogramkan pemberian bantuan kepada 356 orang pelaku usaha dengan dana Rp 400 juta,” ungkapnya. Ia pun berharap, seluruh ASN Pemkot atau siapa saja yang memiliki rezeki berlebih untuk tidak sungkan berbagi melalui baznas. “Insya Allah dana yang masuk kita himpun dan kita distribusikan merata kepada masyarakat yang membutuhkan. Juga untuk pemulihan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (b/ags)

Distribusi Bantuan Baznas

  1. Sembako
    Tahap I 677 Paket
    Tahap II 460 Paket
    Total 1.137 Paket
  2. Bantuan Bagi UKM
    Penerima 136 UKM
    Jumlah Bantuan Rp 174 Juta
    Rencana Tahun 2021
    Penerima 356 Orang
    Jumlah Bantuan Rp 400 Juta
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top