Metro Kendari

Sulkarnain Minta Jemaah Patuhi Panduan Beribadah di Masa Pandemi

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari H.Sulkarnain Kadir tak hentinya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang melaksanakan ibadah (salat) secara berjamaah di masjid agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak. Itu penting agar terhindar dari penularan covid-19.

Sulkarnain tak menampik, saat ini pemerintah telah mengizinkan pelaksanaan ibadah secara berjamaah di masjid. Hanya saja, dia meminta masyarakat mematuhi peraturan yang ada. Apalagi saat ini pemerintah telah mengeluarkan aturan dalam Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 3 Tahun 2021 tentang panduan ibadah ramadan 1442 H/2021 masehi. “Saya sudah instruksikan seluruh jajaran termasuk seluruh pengurus masjid agar betul-betul menegakkan prokes dirumah ibadah. Harus patuhi aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah,” kata Sulkarnain Kadir.

Wali Kota Kendari, Sulkarnian Kadir (kiri, baju putih) memastikan kesiapan penerapan protokol kesehatan (prokes)

Untuk pelaksanaan salat tarawih di masjid, pihaknya telah memberikan izin jauh hari sebelum di keluarkannya Surat Edaran Menteri Agama RI tentang panduan beribadah selama Ramadan. “Masyarakat kami izinkan untuk melaksanakan ibadah salat tarawih secara berjamaah di masjid. Tetapi dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Bagi yang kurang fit sekiranya bisa beribadah di rumah saja,” kata Sulkarnain Kadir. “Khusus penyelenggara (masjid), saya sudah instruksikan agar jemaahnya tidak melebihi separuh kapasitas masjid. Makanya, saya sarankan kepada para pengurus mungkin bisa memanfaatkan pelatarannya untuk mengantisipasi lonjakkan jemaah. Sepanjang pengamatan saya, Alhamdulillah semua berjalan lancar. Terbukti dengan belum adanya klaster dirumah ibadah pada momen ramadan ini,” kata Sulkarnain Kadir.

Justru sebaliknya, lanjut dia, pada H-21 ramadan ini, jumlah pasien dalam perawatan di Kota Kendari mengalami penurunan signifikan. Hingga kemarin (03/05) dari 4.641 kasus terkonfirmasi positif covid-19, hanya tersisa 20 pasein masih dalam perawatan. Sisanya sekira 4.563 sembuh dan 58 pasien lainnya meninggal dunia. “Angkanya terus menurun, ini berkat kerja keras kita semua untuk mau patuh terhadap protokol kesehatan. Mudah-mudahan dengan semangat kita untuk berdisiplin (prokes) bisa menyelematkan kita dan menjauhkan kita dari ancaman penularan covid-19,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top