Metro Kendari

Sulkarnain Minta Camat dan Lurah Terapkan Layanan Elektronik

Ubah Sistem Manual jadi Digital

KENDARINEWS.COM — Guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Pemerintah Kota Kendari menghadirkan beberapa terobosan dan invovasi. Salah satunya dengan merubah sistem pelayanan yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi pelayanan digita atau pelayanan yang berbasis elektrornik (Aplikasi).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan, Pemkot telah menghadirkan beberapa sistem dan aplikasi layanan elektronik yang bisa diaplikasikan pada pelayanan di kantor kecamatan dan kelurahan, salah satunya adalah Layanan Aplikasi Kendari (LAIKA).

SULKARNAIN KADIR

“Lewat aplikasi laika, proses pelayanan kepada masyarakat akan semakin mudah dan cepat. Karena sudah terkomputerisasi. Cara mengksesnya juga mudah. Keunggulan lainnya dari sisi pendaatan dan pengarsipan data administrasi masyarakat lebih teratur,” kata Sulkarnain Kadir.
Dengan hadirnya layanan berbasis elektronik itu, Sulkarnain meminta camat dan lurah wajib menguasai teknologi dan tidak gaptek (Gagap Teknologi) agar bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi saat ini, “Saya harap seluruh lurah dan camat serta seluruh ASN lingkup pemkot Kendari untuk mahir komputer atau minimal bisa mengoperasikan android agar sistem yang kita bangun bisa dimanfaatkan,” tuturnya.

Selain layanan laika, pihaknya telah menghadirkan berbagai inovasi pelayanan berbasis elektronik lainnya seperti Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) Elektronik, Aplikasi Jaga Kendari (Jari) dan layanan Pajak Menyapa (Jakpa). “Nanti kita akan jadikan satu kesatuan yang bisa diakses dalam satu portal atau aplikasi. Saya sudah instruksikan Diskominfo (Dinas Komunikasi dan Informasi) untuk merancang programnya,” kata Sulkarnain Kadir.

“Upaya ini kami harapkan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, yakni ingin mendapatkan pelayanan yang cepat, tepat dan tanpa pungli (pungutan liar). Tidak hanya bagi warga, namun juga mengefektifkan sistem birokrasi yang lebih transparan dan akuntabel,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Camat Baruga, Asman Saaby mengaku, jika layanan Laika selama ini sangat membantu pihknya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Bukan hanya itu, hadirnya Aplikasi Jari juga membantu pihaknya dalam memberikan pelayanan pengurusan administrasi kependudukan (adminduk) warga.

“Apalagi dengan program elektornifikasi pelayanan yang saat ini digagas, tentu kami sambut baik. Karena dengan pelaksanaan layanan secara elektronik, akan memperlancar segala urusan walaupun kita tidak berada di kantor,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top