Metro Kendari

Sulkarnain Luncurkan Bantuan Usaha Produktif

KENDARINEWS.COM — Upaya pemulihan ekonomi daerah terdampak pandemi covid-19 terus dilakukan Pemkot Kendari. Teranyar, Pemkot bersama Badan Amil Zakat (Baznas) Kendari menggagas program bantuan usaha produktif. Program ini diharapkan mampu mendorong warga untuk berusaha sehingga bisa bangkit dimasa pandemi saat ini.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir menjelaskan, program bantuan usaha produktif adalah hasil kerja sama yang terjalin antara Pemkot Kendari dengan Baznas. Dimana setiap bulan ASN Pemkot menyisihkan sebagian penghasilannya untuk kemudian disalurkan bagi mereka yang membutuhkan.

“Alhamdulillah belajar dari pengalaman kemarin dana yang terkumpul dan dikelola oleh Baznas cukup baik bahkan kita bisa membantu ribuan fakir miskin dan warga yang ingin berusaha. Nah tahun ini ditargetkan sebanyak 400 orang tapi saya harap bisa tembus 500 penerima bantuan,” kata Sulkarnain Kadir.

Sebenarnya program bantuan usaha produktif ini sambungnya sudah berjalan sejak tahun lalu atau bertepatan dengan mewabahnya covid-19. Sejauh ini, bantuan ini sangat membantu masyarakat khususnya mereka yang tidak mampu dan yang kehilangan pekerjaan akibat dirumahkan.

“Atas dasar itu, saya mendorong Baznas untuk berperan lebih besar, tidak hanya melakukan aktifitas sosial tetapi juga mengembangkan perannya sampai pada masyarakat diarahkan untuk melakukan kegiatan produktif,” tuturnya.

Terpisah, Kepala Baznas Kendari Alimuddin mengungkapkan dana program bantuan usaha produktif yang akan disalurkan kepada masyarakat terdampat covid-19 adalah bersumber dari zakat, infak dan sedekah ASN Pemkot Kendari yang dikumpulkan tahun lalu. Dimana telah terkumpul sekira Rp 1,3 miliar.

“Dari hasil kemarin masih ada tersisa sekira Rp 149 juta. Nah inilah yang akan kami salurkan kepada masyarakat. Untuk nominalnya bervariasi dan kemungkinan bisa bertambah. Tegantung kondisi dan situasi kedepan,” kata Alimuddin.

Dia menambahkan, dari 400 orang yang menjadi target, pihaknya telah menyalurkan bantuan usaha produktif kepada 45 orang penerima di empat kecamatan. Rinciannya, Kecamatan Kambu 23 orang, Poasia 4, Kadia 14, dan Kecamatan Wuawua 4 orang. “Itu berasal dari pengajuan masyarakat. Saat ini yang sudah mengajukan sebanyak 230 orang,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top