Metro Kendari

Sulkarnain : Kendari Triathlon Dorong Permulihan Ekonomi Dimasa Pandemi

KENDARINEWS.COM — Pelaksanaan Kendari Triathlon 2021 berjalan sukses. Puluhan atlit dari berbagai wilayah tanah air turut andil dalam event nasional itu. Selain menjadi ajang promosi kekayaan daerah, Kendari Triathlon diyakini bisa memulihkan perekonomian daerah dimasa Pandemi Covid-19 saat ini.

Wali Kota Kendari, Sulkarnan Kadir, menyambut baik pelaksanaan Kendari Triathlon tahun ini. Dia yakin, program hasil kerja sama Indonesia Triathlon Series (ITS) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mampu mempercepat pemulihan ekonomi daerah.

“Jadi event ini bisa memicu sektor perekonomian daerah. Perekonomian akan berjalan. Jumlah kunjungan wisatawan domestik ke Kendari meningkat, pembelian merchandise dan oleh-oleh juga akan meningkat. Begitu juga sektor UMKM yang ada disekitar lokasi. Semua akan tergerak,” kata Sulkarnain, Sabtu (29/05/2021).

Ketua Majelis Pertimbangan Wilayah PKS Sultra ini berharap, Kendari Triathlon bisa dilaksanakan pada tahun berikutnya.

Senada, Direktur Utama ITS, Budi Danuningrat mengungkapkan, Kendari Triathlon merupakan bagian dari ITS Sports Tourism yang akan memperkenalkan destinasi wisata dan mengharapkan jumlah peserta fantastis
sehingga bisa menggerakkan roda perekonomian, namun menurutnya dampak berkelanjutan yang bisa menjadi pendorong industri pariwisata olahraga dan event dalam hal ini berfungsi sebagai katalis.

“Berapa sih dampak ekonomi dari sebuah event yang pesertanya tidak besar? Sementara kita belum ada yang tahu kapan event berskala besar bisa dilakukan. Sports tourism itu didorong oleh daya beli yang didukung sebuah ekosistem. Perlu ada buying power untuk extend, belanja, beli oleh-oleh, wisata kuliner dan lain sebagainya,” kata Budi.

“Tapi supaya ada keinginan untuk bepergian dan berbelanja maka pertama harus ada ketertarikan, kemudahan dan rasa aman. Disinilah peran event kami, untuk memperkenalkan sebuah destinasi, memberikan pengalaman yang mengesankan sehingga setelahnya terjadi trip baru dengan multiplier effects yang ditimbulkan”, pungkasnya. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top