HEADLINE NEWS

Sulkarnain Kadir Tegaskan tak ada ASN “Siluman” di Kendari

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menegaskan tak ada Aparatur Sipil Negara (ASN) “Siluman” di Kota Kendari. Itu merespon maraknya pemberitaan soal puluhan ribu ASN Fiktif yang tersebar di tanah air. “Sejauh ini tidak ada (ASN Fiktif). Kita bersyukur di Kota Kendari tidak ada. Mungkin ada tapi didaerah lain. Di Kendari banyak yang awasi,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

SULKARNAIN KADIR

Sebenarnya lanjutnya, kabar temuan ASN siluman sudah lama berhembus atau sejak 2002 lalu. Atas dasar itu, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan RB) melakukan pendataan ulang ASN pada 2016. “Sudah clear. Sudah tidak ada ASN Siluman,” kata Sulkarnain Kadir.

Sebagai upaya mencegah timbulnya ASN Siluman, pihaknya melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) aktif melakukan upgrade perkembangan jumlah ASN yang ada. “Saya sudah instruksikan BKPSDM dan Inspektorat untuk mengawasi. Kami pastikan tidak ada ASN siluman di Kota Kendari,” kata Sulkarnain Kadir.

Senada, Kepala BKPSDM Kendari, Susanti mengaku tidak ada ASN Fiktif di Kendari. Jumlah ASN aktif hingga per 2 Juni 2021 tercatat sekira 5.956 orang untuk semua golongan. “Kami selalu awasi. Tidak ada ASN Siluman. Yang ada datanya semua aktif. Tahun ini ada yang pensiun sekitar 196 orang, namun ada yang direkrut sekitar 64 orang bersasarkan kuota dari Kemenpan RB. Semuanya terdata,” pungkasnya

Sekedar informasi, belum lama ini tersiar kabar bahwa pemerintah menemukan sekira 97 ribu ASN Siluman yang tersebar diseluruh Indonesia. ASN yang terdaftar fiktif ini dikabarkan masih menerima upah (gaji) dan dana pensiun padahal keberadaan mereka masih misterius. (b/ags)

Jumlah ASN Pemkot Kendari
Baru Direkrut 64 Orang
Pensiun Tahun 2021 196 Orang
Aktif Per-2 Juni 2021 5.956 Orang

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top