Metro Kendari

Sulkarnain Dorong Warga Berwirausaha, 18 Ribu Pelaku UMKM Bertambah

KENDARINEWS.COM — Untuk mendukung pemulihan ekonomi, Pemkot Kendari terus melakukan terobosan. Tidak hanya memberi kelonggaran kegiatan ekonomis, namun juga fokus pada proyek infrastruktur yang turut melibatkan masyarakat seperti padat karya. Salah satunya mendorong bangkitnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan salah satu indikator daerah dikatakan maju bila 5 persen polulasi penduduknya bergelut di dunia usaha. Hal inilah yang kemudian alasan pemerintah terus mendorong masyarakat untuk berwirausaha. “Sudah waktunya untuk kita berupaya menjadi seorang wirausaha. Memanfaatkanlah teknologi dalam menangkap peluang. Hasilkan produk atau jasa yang bernilai ekonomi,” kata Sulkarnain dalam webinar yang digelar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Halu Oleo, kemarin.

Sebagai bentuk dukungan kata Sulkarnain, pihaknya telah memberikan kemudahan. Mulai dari perizinan, membuka akses permodalan yang mudah dengan bunga yang rendah melalui BUMD atau melalui sumber permodalan yang ada. Selain itu, pemerintah memberikan stimulan berusaha, serta menciptakan keandalan listrik untuk memenuhi kebutuhan pelaku usaha. “Sudah saatnya kita bangkit, menjadi pelaku usaha dan UMKM yang mandiri dan menjadi penggerak ekonomi daerah. Perlu diingat UMKM memiliki peran signifikan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, UMKM juga menyediakan peluang kerja, dan menciptakan pasar yang seimbang,” kata Sulkarnain.

Dalam kurun tiga tahun terakhir, jumlah pelaku usaha di Kota Kendari menunjukan peningkatan yang siginifikan. Berdasarkan hasil pendataan, ada sekitar 18 ribu telah UMKM baru. Pada periode sebelumnya, hanya sekira 5 ribu UMKM. Ke depan, pemerintah akan menciptakan ruang terbuka untuk berusaha bagi masyarakat khususnya untuk generasi muda Kota Kendari, termasuk menggelar event UMKM. Orientasi generasi muda menjadi seorang apartur sipil negara (ASN) harus diubah. Sebab wirausaha juga bisa menjamin masa depan. “Kalau pandemi Covid-19 sudah berakhir kita akan gencar gelar event UMKM baik secara virtual maupun langsung untuk memberi kesempatan kepada generasi muda. Tidak hanya yang telah memiliki usaha, namun juga bagi mereka yang baru mememulai untuk memperkenalkan keunggulan produk dan jasa,” kata Sulkarnain. (b/ags)

Strategi Dorong Pertumbuhan UMKM
– Permudah Perizinan
– Membuka Akses Permodalan
– Fasilitas Pinjaman dengan Bunga Rendah
– Bantuan Secara Stimulan
– Jaminan Keamanan Usaha
– Ciptakan Keandalan Listrik

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top