Metro Kendari

Sulkarnain Ajak Pemda Tetangga Kolaborasi Pengelolaan Sampah

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir, intens mengatasi masalah persampahan. Teranyar, Sulkarnain membuka ruang yang sebesar-besarnya bagi seluruh elemen masyarakat termasuk Pemerintah Daerah (Pemda) “tetangga” untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah. Saat ini, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Puuwatu tak hanya dimanfaatkan oleh pemkot Kendari saja. Melainkan beberapa kabupaten terdekat seperti Konawe, Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe Utara (Konut). “Tapi itu tidak apa-apa. Perlu diketahui sampah itu bukan momok. Melainkan sesuatu yang akan bernilai ekonomis jika dikelola dengan baik,” kata Sulkarnain Kadir.

Oleh karena itu, pihaknya membuka kerja sama dengan seluruh pihak maupun stakeholder maupun pemda terdekat yang ingin bekerja sama dalam mengelola masalah sampah. “Sangat dimungkinkan untuk kerjasama. Saat ini kita sedang tata sistem penanganan sampah kita di Kota Kendari. Jika sudah tertata dengan baik dan sudah punya mekanisme yang jelas, saya kira tidak menutup kemungkinan kita akan membuka ruang untuk kabupaten diluar Kendari untuk bekerjasama,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Politisi PKS ini menambahkan dalam menata sistem persampahan di Kendari, pihaknya telah menggandeng Komunitas Jars Foundation. Nantinya, Jars Foundation akan menghimpun sampah dari rumah tangga dan UMKM, utamanya sampah anorganik seperti plastik dan sterofoam untuk kemudian diolah menjadi bahan baku bernilai ekonomis seperti paving blok. Termasuk mengelola sampah anorganik yang dipasok dari luar daerah di TPA Puuwatu. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top