Buton

Sukseskan TMMD, Pemkab Buton Siapkan Rp 1,5 Miliar

KENDARINEWS.COM — TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) akan diselenggarakan di Buton pada Maret mendatang. Sebagai tuan rumah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sudah siap bersinergi dengan aparat keamanan negara itu dan menyiapkan anggaran hingga lokasi titik aksi TMMD itu. Wakil Bupati Buton, Iis Elianti, memastikan kesiapan itu saat mengikuti Rakornis TMMD ke-110 tahun anggaran 2021 di aula Tamalaki, Makorem 143/HO. Didampingi Dandim 1413 Buton, Letkol Inf. Arif Kurniawan, Iis Elianti melaporkan berbagai hal terkait kegiatan rutin TNI itu.

“Buton sudah siap berkerja sama, bersinergi untuk pembangunan masyarakat kita. Tentang hal ini sudah kita paparkan lewat Rakornis tadi,” katanya, kemarin. Total alokasi anggaran TMMD senilai Rp 1,5 miliar lebih. Sementara sasaran pembangunan fisik dan nonfisiknya akan berpusat pada tiga desa wilayah di Kecamatan Lasalimu Selatan. Yakni Desa Sangia Arano, Mulya Jaya dan Harapan Jaya.

“Masyarakat akan menyambut TMMD ini dengan suka cita, karena desanya akan dibangunkan sejumlah fasilitas,” tambah Buton-2 tersebut. Sementara itu Dandim 1413 Buton, Letkol Inf. Arif Kurniawan, mengatakan, rapat dihadiri langsung Kasrem 143/HO, Kolonel Inf. Tri Rana S. “Tadi disampaikan oleh Kasrem, bahwa TMMD tahun ini akan dilakukan tiga kali dalam setahun, tadinya hanya dua kali,” katanya.

TMMD merupakan bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral dalam rangka membangun negeri. Mengusung tema, TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri, TNI akan melaksanakan selama 30 hari sejak tanggal 2 hingga 31 Maret mendatang. “Kali ini baik kegiatan fisik maupun non fisik akan tetap mempedomani protokol kesehatan,” tambahnya. Sebagai lokasi yang terpilih, Dandim Buton juga sudah siap berkolaborasi dengan seluruh tim menyukseskan kegiatan tersebut. Kegiatan fisik akan meliputi rehab masjid, drainase, jalan, pematangan sarana fasilitas umum , serta MCK masyarakat. Sementara nonfisik berupa penyuluhan bekerja sama dengan OPD di Pemkab Buton. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top