Metro Kendari

Sukseskan Program Germas, Sulkarnain Minta ASN Jadi Teladan

KENDARINEWS.COM — Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir meminta jajarannya lebih menggalakkan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menilai program ini tak hanya membudayakan perilaku hidup sehat, namun juga efektif mencegah penyebaran wabah corona. Program ini kata pasangan Siska Karina Imran, harus melibatkan lintas sektor. Bukan hanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, namun juga stake holder lainnya, masyarakat hingga lingkup terkecil Pemerintah Kota Kendari. Upaya ini dalam rangka mendorong implementasi Germas.

“Sekarang kita mendorong seluruh stakeholder agar bisa lebih konsen lagi, bisa lebih komitmen menggalakkan Germas di lingkungan masyarakat. Dimulai dari keluarga sebagai satuan unit terkecil di lingkungan, masyarakat, peran serta stake holder terkait juga dibutuhkan,” kata Sulkarnain dalam pertemuan kordinasi lintas sektor di PlazaInn Kendari, kemarin.

Menurutnya, pelibatan stake holder dalam Germas sangat penting mengingat perilaku masyarakat cendurung berkiblat pada pemerintah. “Saya ingin ASN, dan perangkat pemerintah lainnya bisa jadi teladan. Bisa jadi contoh bagi masyarakat. Melakukan edukasi bagaimana berperilaku hidup bersih dan sehat. Apalagi di tengah pandemi ini, masyarakat butuh sosok untuk itu,” kata Sulkarnain. “Inikan (Germas) bukan dikerjakan satu atau dua kali, tapi diharapkan ini menjadi menjadi kebiasaan dan menyeluruh kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kota Kendari. Saya yakin dengan Germas, kita dapat memutus mata rantai penyebaran covid,” kata Sulkarnain.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum mengatakan keterlibatan seluruh pihak atau stakholder terkait dalam menggalakan germas telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) RI Nomor 1 tahun 2017 tentang germas dan Instruksi Wali Kota Kendari 641 tahun 2020 tentang peningkatan kualitas hidup masyarakat melalui germas. “Jadi untuk mensukseskan germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat,” jelasnya. (b/ags)

Tujuh Ajakan Germas

  1. Melakukan Aktivitas Fisik
  2. Konsumsi Buah dan Sayur untuk Pemenuhan Kebutuhan Gizi dan Vitamin
  3. Menghilangkan Kebiasaan Merokok
  4. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
  5. Cek Kesehatan Secara Berkala
  6. Menjaga Kebersihan Lingkungan.
  7. Stop BAB Sembarangan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top