HEADLINE NEWS

Sudah 2 Tahun Siswa SMKN Kemaritiman Siotapina Nebeng Belajar di SDN 27, Asrun Lio : Usulan Pembangunan Gedung Sudah Masuk di Kemendikbud-Ristek RI

KENDARINEWS.COM — Pembangun gedung Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri Kemaritiman Siotapina di Desa Sampuabalo segera berlanjut. Progres terakhir masih menunggu instruksi pusat. Usulan pembangunannya telah masuk ke Kemendikbud-Ristek RI sejak Juli 2020. Refocusing sejumlah postur anggaran APBN akibat badai pandemi covid-19 masih menjadi kendala realisasinya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Drs. Asrun Lio, M.Hum.,Ph.D mengatakan langkah-langkah untuk membangun pendidikan di daerah khususnya SMKN Kemaritiman dengan penetapan status definitif bagi Kepala slSekolah. “Agak delay-nya pembangunan SMKN Kemaritiman l di daerah akibat status kepala sekolah yang belum definitif kala itu. Sekarang baru-baru saja kami mendefinitifkannya. Karena memang, setiap pengusulan itu selalu terkait dengan kepala sekolah. Jadi ini adalah langkah awal kami”, urainya saat bertemu dengan sejumlah pemuda pelajar Sampuabalo (HIPPSAM) di kantor Dikbud Sultra, Selasa (4/5).

Selanjutnya, Asrun Lio menegaskan jika pusat tak kunjung merespon, maka pembangunan SMKN Kemaritiman akan diambil daerah melalui penganggaran pada postur APBD-P yang mulai dibahas pada Juli mendatang. “Itu adalah kondisi terburuknya, akibat banyak perubahan alokasi anggaran pada penanganan covid-19 ini, sehingga untuk mempercepat pembangunan pendidikan di daerah maka kita akan ajukan ini pada APBD perubahan nanti” jelasnya.

Pembangunan paling urgent yang akan diupayakan dalam pembahasan APBD-P nantinya menurut Asrun Lio ialah fasilitas kantor dan ruang belajar. Ia juga menambahkan, fokus pembangunan SMKN Kemaritiman nantinya tak hanya pada fasilitas tersebut, tetapi juga pada sarana penunjang lainnya seperti kawasan olahraga, ruang praktikum atau laboratorium.

Untuk diketahui, sudah 2 tahun siswa SMKN Kemaritiman masih nebeng belajar pada gedung SDN 27 Buton dan tahun ini SMKN Kemaritiman Siotapina akan menerima peserta didik baru. Seiring penambahan kuantitas angkatan belajar, kebutuhan akan ruang belajar sangat mendesak bagi pihak sekolah dalam menyelenggarakan pendidikan. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top