Metro Kendari

STQH di Malut, Pemprov Sultra Kirim 20 Qori dan Qoriah Terbaik

Siapkan 20 Peserta, Target 10 Medali
-STQH Tingkat Nasional di Malut

KENDARINEWS.COM — Ajang Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) tingkat nasional tinggal dua bulan lagi. Jika tidak ada kendala, event empat tahunan ini akan digelar di Maluku Utara (Malut) pada bulan Juli mendatang. Pada ajang ini, Pemprov Sultra bakal mengirim 20 qori dan qoriah terbaiknya.

Kepala Biro (Karo) Kesejateraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra, Beangga Harianto mengatakan telah mempersiapkan peserta yang akan tampil di STQH di Malut. Salah satunya, melalui seleksi mulai di tingkat kabupaten/kota hingga provinsi. Tidak hanya itu, para pemenang di ajang seleksi turut dilakukan pembinaan.

“Jadi kita sudah menyeleksi qori-qoriah yang akan mewakili provinsi Sultra di STHQ tingkat nasional bulan Juli nanti di Malut. Para peserta kita ini merupakan peserta pilihan jawara STQH Provinsi. Mereka dalam waktu dekat akan kita panggil mengikuti pendidikan khusus dalam rangka pembinaan,” katanya saat di wawancarai di ruang kerjanya, Rabu (19/5).

Tidak hanya melakukan persiapan khusus, mantan Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Bombana ini mengaku akan ke Malut untuk melihat persiapan awal terutama pemondokan atau tempat tinggal kontingen.

“Kami ingin lokasi tempat tinggal kontingen Sultra strategis. Artinya situasi yang menyenangkan agar anak-anak bisa nyaman dan tenang mempersiapkan diri sebelum tampil. Dengan situasi yang mendukung, para qori-qoriah diharapkan bisa tampil maksimal dan memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Sebanyak 20 peserta Sultra kata dia, akan mengikuti cabang lomba hafalan Alquran, tilawah, tafsir dan hadist. Pada STQH di Malut, pihaknya berharap bisa mengulang kesukseskan STQH di Pontianak. Saat itu, kontingen Sultra berada di peringkat keempat.

“Kami bertekad mempertahankan capaian sebelumnya. Kalau bisa, lebih. Kita menargetkan bisa membawa pulang 10 medali baik emas, perak dan perunggu. Atas dasar itulah, kami menyiapkan peserta sebaik mungkin. Kita bakal segera memanggil dan mendidik mereka sebagai wakil Sultra dalam STQH nasional kelak. Agar apa yang kota cita-citakan, apa yang kita harapkan bisa terwujud, ” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top