Muna

STQ Muna Gelar 10 Cabang Lomba, Lohia Target Juara Umum

KENDARINEWS.COM — Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kabupaten Muna dijadwalkan berlangsung mulai 20 Februari mendatang. Lebih kurang 500 peserta dari 22 kecamatan akan tampil memerihkan lomba keagamaan yang dipusatkan di Lapangan Desa Bahutara, Kecamatan Kontukowuna tersebut. Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Sekretariat Kabupaten (Setkab) Muna, Abdul Asis Teo, menerangkan, STQ tahun ini menyelenggarakan 10 cabang dan 24 golongan lomba dengan lebih kurang 144 medali yang bakal diperebutkan peserta setiap kecamatan. Ia berharap, setiap kecamatan mengutus kafilan berkualitas.

“Kita maksimalkan seleksi untuk menjaring para juara yang akan mewakili daerah di tingkat provinsi,” jelasnya.
Sementara itu, Camat Lohia, LM. Hajar Sosi, menyebutkan, kontingennya telah siap berlaga dan optimis bisa meraih gelar juara umum. 33 peserta terbaik telah disiapkan untuk mengikuti seluruh cabang lomba. Namun secara khusus, kafilahnya siap mendulang medali pada cabang andalan seperti kaligrafi, tilawah dan hafalan. “Tahun lalu kita juara umum MTQ Kabupaten Muna. Sekarang target kita juara umum lagi untuk STQ,” optimisnya.

Ia mengaku persiapan kontingen Kecamatan Lohia sudah dilakukan sebaik mungkin. Pembinaan kader qori dan qoriah terus dioptimalkan melalui program binaan Kampoeng Quran di Mantobua dan Kampung Kaligrafi di Desa Mabolu. Dilain sisi, sebagai wilayah yang kental dengan identitas serambi Islam Kabupaten Muna, Hajar memacu semangat kafilahnya agar tampil percaya diri mengharumkan nama Lohia. Selain itu, Lohia juga akan memboyong rombongan pawai dalam jumlah besar saat pembukaan STQ nantinya. “Kami sudah siap dan yakin juara umum lagi,” pungkasnya. (b/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top