Metro Kendari

Stok Sapi Aman Jelang Idul Adha

KENDARINEWS.COM — Menjelang Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 20 Juli 2021 mendatang, stok dagang khususnya sapi relatif aman. Dari data Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distannak) Sultra, sebanyak 5 ribu ekor sapi yang telah disiapkan untuk kebutuhan hari raya kurban ini.

Kepala Distannak Sultra, Muhammad Djudul meminta masyarakat Sultra tak perlu khawatir dengan kebutuhan sapi saat idul adha. Sebab, jumlahnya masih melimpah. Bahkan stok sapi kurban ini banyak dijual ke luar Sultra. “Untuk ketersediaan sapi di Sultra menjelang Idul adha stok aman dan masih banyak,” kata Djudul melalui sambungan telepon, Kamis (8/7).

Muhammad Djudul

Berdasarkan data terakhir kata Djudul, sebanyak 5 ribu ekor sapi siap potong. Namun ia baru stok awal dan kemungkinan akan bertambah. Hingga kini, pihaknya masih dalam pengumpulan data kembali. “Intinya kita tidak kekurangan stok sama sekali, ” bebernya.

Sejauh ini, stok sapi Sultra cukup melimpah. Makanya, sebagian dijual pula keluar daerah. Salah satunya di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). “Karena stok melimpah, sebagian dari sapi-sapi di Sultra, dijual keluar daerah baik Sulsel maupun beberapa provinsi lainya,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk sapi kurban di Sultra, banyak yang berasal dari kabupaten Muna dan Muna Barat (Mubar). Kisaran anggarannya pun cukup bervariasi, mulai dari Rp 15 sampai Rp 17 juta. Namun diperkirakan, harga ini bakal mengalami kenaikan menyusul penerapan PPKM mikro di wilayah Kabupaten dan kota di Sultra.

“Tetapi, itu hanya perkiraan kita saja. Dimana kenaikan mungkin tak akan signifikan. Bahkan besar harapan kita, harga sapi stabil hingga saat lebaran idul adha nanti, ” harapnya. (c/rah)

Stok Sapi Kebutuhan Idul Adha
-5 Ribu Ekor (Kemungkinan Bertambah)
-Suplai Terbesar dari Muna dan Mubar
-Harga Rp 15-17 Juta Perekor

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top