Hukum & Kriminal

Soal Anjal yang Mengikuti Pelatihan, BLK Tunggu Usulan Pemkot

KENDARINEWS.COM — Ide Sekretaris Kota (Sekot) Kendari, Nahwa Umar melatih keterampilan anak jalanan (anjal) direspon positif Balai Latihan Kerja (BLK). Lembaga yang dipimpin La Ode Haji Polondu siap membantu Pemkot Kendari mengatasi persoalan anjal. Saat ini, BLK menunggu nama-nama Anjal yang akan mengikuti pelatihan.

“Pada prinsipnya, kami siap untuk melatih keterampilan anak bangsa, baik itu anak jalanan. Asal apa yang menjadi standar dan syarat di BLK haruslah diikuti. Kami minta, saat pemkot mengusulkan nama-nama itu haruslah sudah ada perencanaan. Sehingga proses mengatur anggarannya, menetapkan istrukturnya bisa kita alihkan untuk melatih anjal,” beber La Ode Haji Polondu, Kepala BLK Kendari.

Kasubag Tata Usaha BLK Kendari Mukasir mengungkapkan, saat mengikuti pertemuan terkait anak jalanan, pihaknya meminta kepada pemkot untuk mengirimkan anjal yang usia produktif saja. Yaitu mereka yang berusia 18-50 tahun. Sedangkan yang dibawah usia produktif sebaiknya dioper ke Dinas Sosial (Dinsos).

“Kami sampikan kepada pemkot, kami (BLK) ini bukan seperti sekolah formal yang ada setiap waktu, dan seenaknya memasukan orang. Tapi harus berdasarkan ketentuan dan juga melihat anggaran dan program yang ada di BLK,” ungkap Mukasir.

Selain itu, Mukasir juga meminta agar anjal tidak dipaksa saat akan memilih jurusan untuk dilatih di BLK nantinya. Pasalnya, anjal tidak boleh dipaksa, biarkan mereka memilih sesuai bakat yang diinginkan.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Nahwa Umar meminta agar Pemkot Kendari dan BLK Kendari bisa bekerjasama untuk memberi keterampilan bagi anjal, gelandangan, dan pengemis dalam usia kerja, “Kita harap saat dilatih di BLK dan keluar nantinya, mereka sudah punya keterampilan untuk bisa mencari pekerjaan sendiri tanpa harus berpikir untuk kembali ke jalanan,” tutup Nahwa Umar. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top