Edukasi

SMPS Frater Kantongi 21 Medali, Lomba KSI dan ONLI

Gedung SMPS Frater Kendari

KENDARINEWS.COM—SMPS Frater Kendari kembali mengukir prestasi nasional. Tidak tanggung-tanggung, sekolah ini sukses mengantongi 21 medali dalam Olimpiade Kompetisi Sains Indonesia (KSI) dan Olimpiade Numerasi Literasi Indonesia (ONLI) dari tingkat siswa sampai guru yang diselenggarakan secara online.

Kepala SMPS Frater Kendari, Fr. Paul Radja Ledjab mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas prestasi yang diraih guru dan siswanya tersebut. Meski di tengah kondisi pandemi Covid-19, mereka tetap berbuat yang terbaik. Tentu ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

“Kami sangat senang dengan raihan mendali yang banyak ini. Artinya, hasil kerja keras mereka dengab terus belajar dan belajar, bisa terbayarkan dengan 21 medali yang diraih,” ungkap Paul Radja, saat ditemui pekan lalu.

Dijelaskan bahwa 21 mendali yang diperoleh tersebut, merupakan sebuah hal besar. Sebenarnya, dari awal juara bukan tujuan utamanya. Yang terpenting adalah proses yang bakal dilewati para siswa dan guru dalam mengikuti olimpiade tingkat nasional.

“Kami selalu berpesan kepada mereka yang telah mendapatkan prestasi, untuk tetap rendah hati. Jangan sombong, jadikan ini sebagai pelajaran yang berharga untuk lebih meningkatkan kualitas serta kuantitas, untuk bisa meraih prestasi yang lebih baik lagi. Kepada siswa lain, jadikan prestasi teman-temannya sebagai inspirasi, tapi tergantung dari kemauan untuk selalu bisa mengembangkan diri menjadi lebih baik,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Prater Alok, menjelaskan persiapannya sebelum mengikuti ajang nasional tersebut, telah jauh hari dilakukan. Terkhusus bagi kelas 8 dan 9, sejak tahun lalu mereka telah mendapat bimbingan khusus dalam mengikuti Olimpiade. Berbeda dengan kelas 7 yang baru mendapat bimbingan. 

“Untuk mengikuti berbagai ajang olimpiade mulai dari tingkat lokal sampai nasional, kami ada kelas khusus yaitu kelas olimpiade. Ini didirikan untuk mempersiapkan para siswa untuk mengikuti berbagai ajang. Disitu kami melatih, membimbing siswa dengan baik, terutama mengenai materi pembelajaran,” ujarnya.

Untuk diketahui, sebanyak 30 peserta dari SMPS Frater yang mengikuti ajang olimpiade tersebut tetapi yang berhasil mebawa pulang mendali 20 siswa, diantaranya 3 emas, 3 perak dan 12 perunggu pada ajang KSI sementara ONLI berhasil meraih 1 emas dan 1 perunggu, serta satu perak untuk tingkat guru. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top