Edukasi

SMPN 1 Kendari Wakili Sultra di Tingkat Nasional

Tiga siswa SMPN 1 Kendari yang mewakili Sultra di ajang Kihajar STEM tingkat nasional, saat mengikuti kompetisi di tingkat lokal beberapa waktu lalu.

KENDARINEWS.COM–Setelah bersaing dengan ribuan peserta di tingkat provinsi, sebanyak enam siswa SMPN 1 Kendari, ber­hasil masuk dibabak final untuk mewakili Sultra di tingkat nasional. Para siswa yang membanggakan Bumi Anoa ini, tepatnya menjadi duta Sultra dalam lomba Kihajar STEM (Sicience, Technology, Engeneering, Math) yang diadakan lan­sung oleh Kementrian Pen­didikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lomba Kihajar STEM, adalah lomba untuk mengeksplorasi peserta didik SD, SMP, SMA, dan SMK/ sederajat dan SILN, agar dapat memiliki ket­erampilan berfikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan mampu berkomunikasi dalam menyelesaikan ma­salah atau project berbasis sains, teknologi dan lain se­bagainya.

Kepala SMPN 1 Kendari, Abdul Hamid, M.Pd., men­gaku sangat mengapresiasi apa yang telah dicapai para sisiwanya. Karena meskipun di tengah pandemi Covid-19, mereka masih bisa meraih prestasi.

“Sangat bangga dan senang atas pencapaian ke-6 siswa kami, artinya ini sebuah pen­capaian luar biasa bagi SMPN 1 Kendari di tahun ini. Dan diajang ini memang, SMPN 1 Kendari sudah sering berpar­tisipasi sampai ditingkat na­sional, semenjak tahun 2016. Alhamdulillah, kita selalu menjaga hal itu, dan selaku pimpinan sangat excited den­gan hal ini,” ungkap Abdul Hamid, beberapa waktu lalu.

Lanjut dia, semoga enam peserta ini bisa menampilkan hasil yang maksimal, dan tentunya bisa meraih prestasi yang gemilang. Karena kami yakin, siswa kami mampu melakukan hal tersebut, dengan berbagai persia­pan dan juga kompetisi yang mereka miliki.

“Kalau bisa mereka sam­pai menjadi juara satu. Art­inya apa yang telah dicapai oleh seniornya dulu bisa terulang. Untuk itu, kami berharap mulai dari seka­rang mereka harus betul-betul mempersiapakan diri dengan baik, mulai dari akademi sampai mental, agar mereka bisa meraih juara,” jelasnya.

“Bagi siswa lain, teruslah belajar dan belajar, jadikan capaian prestasi yang diraih enam teman kalian, bisa dijadikan motivasi dan semangat, untuk bisa meraih seperti apa yang didapatkan oleh mereka atau bahkan lebih. Ten­tunya dari pihak sekolah sendiri, selalu mendukung penuh potensi yang di­miliki oleh siswa baik dari segi akademik dan non­akademik,” tambahnya.

Sementara itu, guru pembina, Paruddin, M.Pd., mengatakan pencapa­ian enam siswa sampai ditingkat nasional adalah merupakan hasil dan kerja keras yang telah dilakukan selama ini, khususnya mu­lai dari masa pembinaan yang dilakukan sejak be­berapa bulan lalu.

“Tentunya kita lakukan persiapan dengan maksi­mal, dimana dari awal ta­hun kami sudah melakukan berbagai persiapan akademik dengan sangat baik. Kita dirikan kelas Gerakan Siswa Perduli Prestasi (Ge­lut) yang memang disia­pakan untuk mengikuti ajang lomba seperti olim­piade dan lomba akademik lainnya,” paparnya.

Peraih guru idola terse­but juga menyampaikan, saat ini siswanya semen­tara persiapan, mulai dari pemberian materi pem­belajaran sampai kepada kesiapan mental, karena pelaksanaan lomba Kihajar STEM ini, akan dilakukan di akhir bulan ini.

“Karana lomba men­cakup seluruh mata pela­jaran, baik sains atau umum, sehingga persiapan yang kita lakukan juga san­gat extra, agar bisa menca­pai hasil yang bagus. Dan dilomba Kihajar ini, para peserta harus bisa berfikir atau mendesain teknologi yang mampu memberikan manfaat positif bagi banyak orang. Siswa kami sudah memiliki ide dan gagasan tersebut yang nantinya akan berfokus pada penganan lingkungan alam. Karena itu yang menjadi masalah yang sering kali dialami, dan se­moga apa yang siswa laku­kan dalam lomba mampu memberikan hasil terbaik,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, terdapat dua tim dari SMPN 1 Kend­ari yang akan mewakili Sul­tra di ajang Kihajar STEM. Dimana tim 1 diisi oleh tim 1 Amirul Mukminin Yannur, Inzani Imama Taslimah, dan Rajaswa Nagataderlalby Wir­yahatmojo. Serta tim 2 disisi, Rizki Nur Rofilah, Farley Daeli Faomasi Domingo, dan Komang Erin Tri Anjeli. (Ilw/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top