Edukasi

SMKN 3 Kendari Gelar Praktikum Tatap Muka

KENDARINEWS.COM– Meski berada dalam situasi pandemi Covid, SMKN 3 Kendari terus berusaha supaya kompetensi siswa tetap optimal. Salah satunya dengan menggelar praktikum tatap muka. Kepala SMKN 3 Kendari, Siti Mawah Rohani, S.Pd, mengungkapkan, di tengah kondisi seperti saat ini, harus diakui segala aktivitas terhambat, termaksud proses pembelajaran.

“Pelaksanaan praktikum tatap muka, sebenarnya ini adalah arahan lansung dari Dikbud. Artinya, SMK diberikan pengecualian untuk melaksanakan praktikum di sekolah secara langsung. Karena akan sangat sulit jika pelaksanaan praktek itu dilakukan secara online. Mengingat berbagai peralatan praktek itu hanya ada di sekolah,” ungkap Siti Mawah, kemarin.

Dijelaskan, terkait pelaksanaan praktikum di sekolah, pastinya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Hal ini harus dipenuhi oleh sekolah jika ingin melaksanakan praktek secara langsung.

“Kami menggunakan sistem shif. Yaitu membagi satu kelas menjadi dua kelompok. Pelaksanaan praktikum dilakukan secara bertahap oleh seluruh jenjang. Mulai dari kelas X, XI, dan XII. Pastinya, seluruh siswa diwajibkan menggunakan masker selama mengikuti praktek, menjaga jarak, dan seluruh ruangan selalu disterilkan dengan disemprot disinfektan seusai ruangan dipakai,” jelasnya.

Tak hanya itu, siswa juga harus mendapatkan restu orang tua. Dibuktikan dengan surat tertulis yang langsung diberikan kepada sekolah. “Kalau tidak ada, maka mereka tidak akan bisa mengikuti praktikum secara langsung di sekolah,” ujarnya.

Ia berpesan kepada seluruh siswa, terutama kelas XII, untuk terus belajar dan mengembangkan skill mereka. Sebab, mereka sebentar lagi akan mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK). Sehingga, dituntut harus menguasai bidang keahlian mereka.

“Kami terus menggenjot proses pembelajaran siswa kelas XII, untuk persiapan menghadapi pelaksanaan UKK. Kami terus memberikan penekan pembelajaran kepada mereka. Diharapkan, mereka bisa menguasai bidang keahliannya. Sehingga ke depannya bisa diserap langsung di dunia kerja,” pungkasnya. (c/Ilw)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top